Rabu, 24 September 2025

Rabu, 24 September 2025

     


Hari/Tanggal : Rabu, 24 September 2025

Fase/Kelas : B/ 3 A

Sekolah : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung 

Pelajaran : MTk, IPAS, SBDP

Metode : diskusi, kerja kelompok

Media : Video Pembelajaran, LKPD


MTK

Tujuan Pembelajaran:

Peserta didik dapat melakukan perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda, kongrit, gambar dan simbol matematika.

Alur Tujuan Pembelajaran:

Peserta didik mampu memahami operasi pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda kongrit.

Materi:


1. Mengingat Kembali (Review Singkat)

  • Bilangan cacah adalah bilangan bulat tanpa tanda negatif: 0, 1, 2, 3, 4, …

  • Operasi perkalian adalah penjumlahan berulang.
    Contoh: 4 × 3 = 3 + 3 + 3 + 3 = 12.


2. Pembagian Sebagai Pengelompokan

  • Pembagian adalah membagi sesuatu menjadi kelompok yang sama besar.

  • Contoh dengan benda konkret:

    • Ada 12 kelereng. Jika dibagi ke dalam 3 kantong, maka setiap kantong berisi 4 kelereng.

    • Ditulis dengan simbol: 12 ÷ 3 = 4.


3. Langkah Belajar Pembagian dengan Benda Konkret

  1. Sediakan benda konkret (misalnya 20 stik es krim).

  2. Tentukan jumlah kelompok. Misalnya, bagi ke dalam 4 kelompok.

  3. Bagikan satu per satu benda ke setiap kelompok hingga habis.

  4. Hitung isi setiap kelompok.

Hasil yang diperoleh adalah jawaban pembagian.


4. Pembagian Menggunakan Gambar

Contoh soal: 15 ÷ 5 = ?

  • Gambar 15 apel.

  • Kelompokkan apel menjadi 5 keranjang.

  • Hitung isi tiap keranjang = 3 apel.

  • Jadi, 15 ÷ 5 = 3.


5. Pembagian Menggunakan Simbol

  • Soal: 36 ÷ 6 = ?

  • Artinya: 36 benda dibagi rata ke 6 kelompok.

  • Setiap kelompok mendapat 6 benda.

  • Jadi, 36 ÷ 6 = 6.


Latihan Soal

  1. Bagikan 20 kelereng ke 5 anak. Berapa kelereng yang diterima tiap anak?

  2. Ada 24 permen. Jika dimasukkan ke dalam 4 toples dengan jumlah sama, berapa permen di setiap toples?

  3. Tentukan hasil pembagian berikut:

    • 18 ÷ 3 = …

    • 42 ÷ 7 = …

    • 56 ÷ 8 = …


IPAS

Tujuan Pembelajaran:

Memahami pentingnya pelestarian sumber daya alam dan dampaknya terhadap perubahan iklim.

Alur Tujuan Pembelajaran:

peserta didik dapat menjelaskan sumber daya alam, jenis-jenisnya, dan manfaatnya

Materi: 

Apa Itu Sumber Daya Alam?

Bayangkan alam ini seperti sebuah toko serba ada yang besar. Di dalamnya ada banyak sekali barang yang kita butuhkan untuk hidup. Nah, sumber daya alam adalah semua kekayaan dari alam yang bisa kita manfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari.

Contohnya gampang, kok! Air yang kita minum, udara yang kita hirup, tanaman yang kita makan, dan bahkan sinar matahari yang membuat pagi jadi cerah, itu semua adalah sumber daya alam. ☀️


Jenis-Jenis Sumber Daya Alam

Sumber daya alam itu ada dua jenis utama, lho. Yuk, kita kenali!

1. Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui

Ini adalah sumber daya alam "sakti" yang tidak akan habis jika kita gunakan dengan baik. Kenapa? Karena alam bisa membuatnya lagi dengan cepat.

  • Contohnya:

    • 💧 Air: Air selalu ada karena ada siklus hujan.

    • 🌳 Tumbuhan: Pohon yang ditebang bisa ditanam lagi.

    • 🐄 Hewan: Hewan bisa berkembang biak dan punya anak.

    • ☀️ Sinar Matahari: Matahari akan terus bersinar setiap hari.

    • 💨 Udara: Udara selalu tersedia untuk kita bernapas.

2. Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui

Nah, kalau yang ini jumlahnya terbatas dan bisa habis! Alam butuh waktu jutaan tahun untuk membuatnya kembali. Jadi, kita harus sangat hemat saat menggunakannya.

  • Contohnya:

    • ⛽️ Minyak Bumi: Digunakan untuk bensin motor dan mobil. Kalau sudah habis, kita tidak bisa jalan-jalan lagi pakai kendaraan.

    • ⚫️ Batu Bara: Digunakan untuk menghasilkan listrik. Kalau habis, lampu di rumah bisa mati.

    • 💎 Emas dan Perak: Digunakan untuk perhiasan. Jumlahnya sangat sedikit di dalam bumi.


Manfaat Sumber Daya Alam Bagi Kita

Semua sumber daya alam punya manfaat yang luar biasa. Coba kita lihat!

  • Untuk Makan dan Minum: Kita makan sayur, buah, daging (dari tumbuhan dan hewan) dan minum air.

  • Untuk Tempat Tinggal: Kayu dari pohon digunakan untuk membangun rumah dan membuat meja kursi.

  • Untuk Energi: Sinar matahari memberi kita cahaya, sedangkan minyak bumi dan batu bara memberi kita listrik dan bahan bakar.

  • Untuk Bernapas: Udara bersih dari pepohonan membuat kita sehat.

Kalau tidak ada sumber daya alam, kita tidak akan bisa hidup. Oleh karena itu, kita wajib menjaganya! Menjaga hutan agar tidak gundul akan membuat udara tetap sejuk. Menghemat air dan listrik berarti kita menjaga sumber daya alam agar tidak cepat habis. Ini juga membantu menjaga Bumi kita agar tidak semakin panas (perubahan iklim).


Soal Esai

Kerjakan soal-soal di bawah ini di buku tulismu ya!

  1. Jelaskan dengan bahasamu sendiri, apa yang dimaksud dengan sumber daya alam? Sebutkan 3 contoh sumber daya alam yang kamu gunakan setiap hari di rumah dan jelaskan kegunaannya!

  2. Apa perbedaan utama antara sumber daya alam yang dapat diperbarui dan yang tidak dapat diperbarui? Berikan masing-masing 2 contoh untuk setiap jenisnya!

  3. Mengapa kita harus menghemat penggunaan air bersih dan listrik? Ceritakan 3 cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat air dan listrik di rumahmu!

SBDP

Capaian Penbelajaran :

Peserta didik Menilai karya dan penciptaan karya seni rupa dengan menggunakan kosa kata seni rupa yang telah di perlajari.

Tujuan Pembelajaran:

2.1 Peserta didik dapat menilai karya seni rupa dengan menggunakan kosa kata seni rupa.

Alur Tujuan Pembelajaran:

2.1.1 Peserta didik mengamati beberapa contoh karya seni rupa (gambar, patung, kolase, dll) dan mendeskripsikan unsur seni rupa yang terlihat dengan mengunakan kosa kata seni rupa.

Materi: 



Halo Hari ini kita akan belajar menilai sebuah karya seni. Keren kan? Menilai karya seni itu artinya kita menceritakan apa saja yang kita lihat di dalam karya tersebut.

Yuk, kita kenali unsur-unsur dasar dalam seni rupa!

1. Titik ⚫

Semua gambar berawal dari sebuah titik. Titik adalah unsur yang paling kecil. Jika titik-titik dikumpulkan, bisa menjadi gambar yang indah, lho!

2. Garis 〰️

Garis adalah kumpulan dari titik-titik yang memanjang. Ada banyak macam garis yang bisa kita temukan di sebuah gambar:

  • Garis Lurus: Tegas dan kaku.

  • Garis Lengkung: Terlihat lembut dan santai.

  • Garis Zig-zag: Seperti gunung, terlihat runcing dan tajam.

  • Garis Gelombang: Seperti ombak di laut.

Coba lihat di sekitarmu, adakah benda yang memiliki garis-garis ini?

3. Bidang 🟦🟡🔺

Ketika ujung-ujung garis bertemu, maka akan membentuk bidang. Bidang itu datar. Contoh bidang yang sering kita lihat adalah:

  • Persegi

  • Lingkaran

  • Segitiga

Gambar rumah biasanya terdiri dari bidang persegi dan segitiga kan?

4. Warna 🎨

Warna membuat karya seni menjadi lebih hidup dan indah! Ada tiga warna utama yang disebut warna primer :

  • Merah 🩸

  • Kuning ☀️

  • Biru 💧

Jika warna-warna ini dicampur, bisa menghasilkan warna baru, lho! Misalnya, biru dicampur kuning akan menjadi hijau.

5. Bentuk 🧊⚽

Bentuknya adalah unsur yang membuat sesuatu terlihat mempunyai isi atau volume (tiga dimensi). Kalau bidang itu datar, bentuk itu punya ruang.

  • Gambar kubus adalah bentuk dari bidang persegi.

  • Gambar bola adalah bentuk dari bidang lingkaran.



Soal Esai SBDP

Kerjakan soal-soal di bawah ini dengan jawabanmu sendiri ya!

  1. Coba amati gambar pensil yang ada di mejamu atau bayangkan sebuah pensil. Permasalahan unsur-unsur seni rupa apa saja yang kamu lihat pada pensil itu! (Contoh: garis, warna, bentuk).

  2. Apa perbedaan antara garis dan bidang dalam sebuah gambar? jelaskan dengan bahasamu sendiri!

  3. Jika kamu diminta untuk menggambar pemandangan pantai, unsur-unsur seni rupa apa saja yang akan kamu gunakan? Ceritakan gambar seperti apa yang akan kamu buat!


Kesimpulan

Penutup
"Hari ini adalah langkah pertama menuju masa depanmu. Jangan takut untuk mencoba, jangan ragu untuk bertanya, dan jangan malu untuk belajar. Setiap hal besar dimulai dari keberanian kecil di hari pertama. Ayo semangat! Sekolah bukan hanya tempat belajar, tapi juga tempat bertumbuh dan bermimpi."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar