Hari/Tanggal : Rabu, 17 September 2025
Metode : diskusi, kerja kelompok
Media : Video Pembelajaran, LKPD
Tujuan Pembelajaran:
Peserta didik dapat melakukan perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda, kongrit, gambar dan simbol matematika.
Alur Tujuan Pembelajaran:
Peserta didik mampu memahami operasi pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda kongrit.
Materi:
Hari ini kita akan belajar tentang perkalian. Perkalian itu seru, lho! Sebenarnya, perkalian adalah penjumlahan berulang. Bingung? Yuk, kita lihat contohnya!
Misalnya, Ibu memberimu 3 kantong permen. Setiap kantong berisi 5 permen. Berapa jumlah semua permenmu?
Kita bisa menghitungnya dengan menjumlahkan isi setiap kantong: 5 + 5 + 5 = 15
Nah, bentuk penjumlahan berulang ini bisa kita ubah menjadi bentuk perkalian. Karena ada 3 kantong yang isinya sama, kita bisa menuliskannya sebagai:
3 x 5 = 15
Dibaca: "Tiga dikali lima sama dengan lima belas."
3 adalah jumlah kelompok (jumlah kantong permen).
5 adalah jumlah benda dalam setiap kelompok (jumlah permen di setiap kantong).
15 adalah hasil perkalian (jumlah total semua permen).
Tujuan Pembelajaran:
Peserta didik dapat melakukan perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda, kongrit, gambar dan simbol matematika.
Alur Tujuan Pembelajaran:
Peserta didik mampu memahami operasi pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda kongrit.
Materi:
Hari ini kita akan belajar tentang perkalian. Perkalian itu seru, lho! Sebenarnya, perkalian adalah penjumlahan berulang. Bingung? Yuk, kita lihat contohnya!
Misalnya, Ibu memberimu 3 kantong permen. Setiap kantong berisi 5 permen. Berapa jumlah semua permenmu?
Kita bisa menghitungnya dengan menjumlahkan isi setiap kantong: 5 + 5 + 5 = 15
Nah, bentuk penjumlahan berulang ini bisa kita ubah menjadi bentuk perkalian. Karena ada 3 kantong yang isinya sama, kita bisa menuliskannya sebagai:
3 x 5 = 15
Dibaca: "Tiga dikali lima sama dengan lima belas."
3 adalah jumlah kelompok (jumlah kantong permen).
5 adalah jumlah benda dalam setiap kelompok (jumlah permen di setiap kantong).
15 adalah hasil perkalian (jumlah total semua permen).
1. Perkalian dengan Benda Konkret
Cara paling mudah memahami perkalian adalah dengan menggunakan benda-benda di sekitar kita. Kita bisa pakai kelereng, stik es krim, batu, atau mainan.
Contoh: 4 x 3
Artinya, ada 4 kelompok, dan setiap kelompok berisi 3 benda.
Siapkan benda: Ambil kelereng atau benda lain.
Buat kelompok: Buatlah 4 kelompok yang terpisah.
Isi setiap kelompok: Masukkan 3 buah kelereng ke dalam setiap kelompok.
Hitung semua: Sekarang, hitung jumlah semua kelereng yang ada. Totalnya ada 12 kelereng!
Jadi, 4 x 3 = 12.
Cara paling mudah memahami perkalian adalah dengan menggunakan benda-benda di sekitar kita. Kita bisa pakai kelereng, stik es krim, batu, atau mainan.
Contoh: 4 x 3
Artinya, ada 4 kelompok, dan setiap kelompok berisi 3 benda.
Siapkan benda: Ambil kelereng atau benda lain.
Buat kelompok: Buatlah 4 kelompok yang terpisah.
Isi setiap kelompok: Masukkan 3 buah kelereng ke dalam setiap kelompok.
Hitung semua: Sekarang, hitung jumlah semua kelereng yang ada. Totalnya ada 12 kelereng!
Jadi, 4 x 3 = 12.
2. Perkalian dengan Gambar
Selain benda langsung, kita juga bisa menggunakan gambar untuk belajar perkalian. Caranya sama saja, kita menggambar kelompok dan isinya.
Contoh: 5 x 2
Artinya, kita perlu menggambar 5 kelompok, dan setiap kelompok berisi 2 gambar.
Gambar 5 kelompok: Kamu bisa menggambar 5 kotak atau 5 lingkaran.
Isi setiap kelompok: Di dalam setiap kotak, gambarlah 2 buah benda, misalnya bintang. ⭐️⭐️ ⭐️⭐️ ⭐️⭐️ ⭐️⭐️ ⭐️⭐️
Hitung semua gambar: Hitung total bintang yang sudah kamu gambar. Ada 10 bintang!
Jadi, 5 x 2 = 10.
Selain benda langsung, kita juga bisa menggunakan gambar untuk belajar perkalian. Caranya sama saja, kita menggambar kelompok dan isinya.
Contoh: 5 x 2
Artinya, kita perlu menggambar 5 kelompok, dan setiap kelompok berisi 2 gambar.
Gambar 5 kelompok: Kamu bisa menggambar 5 kotak atau 5 lingkaran.
Isi setiap kelompok: Di dalam setiap kotak, gambarlah 2 buah benda, misalnya bintang. ⭐️⭐️ ⭐️⭐️ ⭐️⭐️ ⭐️⭐️ ⭐️⭐️
Hitung semua gambar: Hitung total bintang yang sudah kamu gambar. Ada 10 bintang!
Jadi, 5 x 2 = 10.
3. Perkalian dengan Simbol Matematika
Setelah paham konsepnya dengan benda dan gambar, sekarang kita akan menggunakan simbol matematika sepenuhnya. Simbol perkalian adalah tanda silang (x).
Mengingat perkalian adalah penjumlahan berulang, maka:
6 x 4 sama artinya dengan 4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4 = 24
7 x 3 sama artinya dengan 3 + 3 + 3 + 3 + 3 + 3 + 3 = 21
2 x 9 sama artinya dengan 9 + 9 = 18
Semakin sering berlatih, kamu akan semakin hafal perkalian tanpa harus menjumlahkan berulang kali. Semangat belajar, ya!
Setelah paham konsepnya dengan benda dan gambar, sekarang kita akan menggunakan simbol matematika sepenuhnya. Simbol perkalian adalah tanda silang (x).
Mengingat perkalian adalah penjumlahan berulang, maka:
6 x 4 sama artinya dengan 4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4 = 24
7 x 3 sama artinya dengan 3 + 3 + 3 + 3 + 3 + 3 + 3 = 21
2 x 9 sama artinya dengan 9 + 9 = 18
Semakin sering berlatih, kamu akan semakin hafal perkalian tanpa harus menjumlahkan berulang kali. Semangat belajar, ya!
Soal Esai
Berikut adalah 3 soal esai berdasarkan materi di atas.
Budi memiliki 5 kotak mainan. Di setiap kotak, ia menyimpan 6 mobil-mobilan. Jelaskan bagaimana kamu bisa menemukan jumlah total mobil-mobilan Budi menggunakan konsep penjumlahan berulang, lalu tulislah bentuk perkaliannya!
Gambarlah sebuah ilustrasi untuk menunjukkan operasi perkalian 4 x 6! Gunakan gambar lingkaran untuk kelompok dan gambar segitiga untuk isi setiap kelompoknya, lalu jelaskan berapa hasil akhirnya.
Seorang petani menanam pohon mangga dalam 7 baris. Setiap baris terdiri dari 8 pohon. Tulislah kalimat matematika dalam bentuk perkalian untuk menghitung total pohon mangga dan jelaskan arti dari setiap angka dalam kalimat perkalian tersebut!
Berikut adalah 3 soal esai berdasarkan materi di atas.
Budi memiliki 5 kotak mainan. Di setiap kotak, ia menyimpan 6 mobil-mobilan. Jelaskan bagaimana kamu bisa menemukan jumlah total mobil-mobilan Budi menggunakan konsep penjumlahan berulang, lalu tulislah bentuk perkaliannya!
Gambarlah sebuah ilustrasi untuk menunjukkan operasi perkalian 4 x 6! Gunakan gambar lingkaran untuk kelompok dan gambar segitiga untuk isi setiap kelompoknya, lalu jelaskan berapa hasil akhirnya.
Seorang petani menanam pohon mangga dalam 7 baris. Setiap baris terdiri dari 8 pohon. Tulislah kalimat matematika dalam bentuk perkalian untuk menghitung total pohon mangga dan jelaskan arti dari setiap angka dalam kalimat perkalian tersebut!
IPAS
Tujuan Pembelajaran:
Memahami pentingnya pelestarian sumber daya alam dan dampaknya terhadap perubahan iklim.
Alur Tujuan Pembelajaran:
peserta didik dapat menjelaskan sumber daya alam, jenis-jenisnya, dan manfaatnya
Materi:
Tujuan Pembelajaran:
Memahami pentingnya pelestarian sumber daya alam dan dampaknya terhadap perubahan iklim.
Alur Tujuan Pembelajaran:
peserta didik dapat menjelaskan sumber daya alam, jenis-jenisnya, dan manfaatnya
Materi:
Apa Itu Sumber Daya Alam?
Bayangkan alam ini seperti sebuah toko serba ada yang besar. Di dalamnya ada banyak sekali barang yang kita butuhkan untuk hidup. Nah, sumber daya alam adalah semua kekayaan dari alam yang bisa kita manfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari.
Contohnya gampang, kok! Air yang kita minum, udara yang kita hirup, tanaman yang kita makan, dan bahkan sinar matahari yang membuat pagi jadi cerah, itu semua adalah sumber daya alam. ☀️
Jenis-Jenis Sumber Daya Alam
Sumber daya alam itu ada dua jenis utama, lho. Yuk, kita kenali!
1. Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui
Ini adalah sumber daya alam "sakti" yang tidak akan habis jika kita gunakan dengan baik. Kenapa? Karena alam bisa membuatnya lagi dengan cepat.
Contohnya:
💧 Air: Air selalu ada karena ada siklus hujan.
🌳 Tumbuhan: Pohon yang ditebang bisa ditanam lagi.
🐄 Hewan: Hewan bisa berkembang biak dan punya anak.
☀️ Sinar Matahari: Matahari akan terus bersinar setiap hari.
💨 Udara: Udara selalu tersedia untuk kita bernapas.
2. Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui
Nah, kalau yang ini jumlahnya terbatas dan bisa habis! Alam butuh waktu jutaan tahun untuk membuatnya kembali. Jadi, kita harus sangat hemat saat menggunakannya.
Contohnya:
⛽️ Minyak Bumi: Digunakan untuk bensin motor dan mobil. Kalau sudah habis, kita tidak bisa jalan-jalan lagi pakai kendaraan.
⚫️ Batu Bara: Digunakan untuk menghasilkan listrik. Kalau habis, lampu di rumah bisa mati.
💎 Emas dan Perak: Digunakan untuk perhiasan. Jumlahnya sangat sedikit di dalam bumi.
Manfaat Sumber Daya Alam Bagi Kita
Semua sumber daya alam punya manfaat yang luar biasa. Coba kita lihat!
Untuk Makan dan Minum: Kita makan sayur, buah, daging (dari tumbuhan dan hewan) dan minum air.
Untuk Tempat Tinggal: Kayu dari pohon digunakan untuk membangun rumah dan membuat meja kursi.
Untuk Energi: Sinar matahari memberi kita cahaya, sedangkan minyak bumi dan batu bara memberi kita listrik dan bahan bakar.
Untuk Bernapas: Udara bersih dari pepohonan membuat kita sehat.
Kalau tidak ada sumber daya alam, kita tidak akan bisa hidup. Oleh karena itu, kita wajib menjaganya! Menjaga hutan agar tidak gundul akan membuat udara tetap sejuk. Menghemat air dan listrik berarti kita menjaga sumber daya alam agar tidak cepat habis. Ini juga membantu menjaga Bumi kita agar tidak semakin panas (perubahan iklim).
Soal Esai
Kerjakan soal-soal di bawah ini di buku tulismu ya!
Jelaskan dengan bahasamu sendiri, apa yang dimaksud dengan sumber daya alam? Sebutkan 3 contoh sumber daya alam yang kamu gunakan setiap hari di rumah dan jelaskan kegunaannya!
Apa perbedaan utama antara sumber daya alam yang dapat diperbarui dan yang tidak dapat diperbarui? Berikan masing-masing 2 contoh untuk setiap jenisnya!
Mengapa kita harus menghemat penggunaan air bersih dan listrik? Ceritakan 3 cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat air dan listrik di rumahmu!
Bahasa Indonesia
Tujuan Pembelajaran: Peserta didik mampu memaknai kosa kata baru bahasa indonesia serapan dari bahasa daerah mengenai hal hal yang menarik di lingkungan sekitar.Alur Tujuan Pembelajaran:peserta didik dapat memaknai kosa kata baru kalimat yang sesuai gambar beserta struktur kalimat yang tepat.Materi:
1. Pengertian Kosakata Serapan
Kosakata serapan adalah kata dalam bahasa Indonesia yang berasal dari bahasa lain, termasuk bahasa daerah.
Kata serapan digunakan karena lebih mudah dipahami, sudah terbiasa dipakai masyarakat, atau belum ada padanan katanya dalam bahasa Indonesia.
Kosakata serapan adalah kata dalam bahasa Indonesia yang berasal dari bahasa lain, termasuk bahasa daerah.
Kata serapan digunakan karena lebih mudah dipahami, sudah terbiasa dipakai masyarakat, atau belum ada padanan katanya dalam bahasa Indonesia.
2. Contoh Kosakata Serapan dari Bahasa Daerah di Lingkungan Sekitar
Berikut beberapa contoh kata serapan yang sering ditemui:
Ampera (dari bahasa daerah Palembang) → artinya: Angkat Meja, biasanya untuk menyebut rumah makan sederhana.
Warung (dari bahasa Jawa) → tempat menjual makanan atau barang kebutuhan sehari-hari.
Batagor (dari bahasa Sunda: bakso tahu goreng) → makanan khas Sunda.
Pempek (dari bahasa Palembang) → makanan olahan ikan yang digoreng atau direbus.
Angkringan (dari bahasa Jawa) → warung kecil yang menjual makanan/minuman sederhana.
3. Makna Kata dalam Kalimat
Peserta didik belajar memahami makna kosakata serapan dengan melihat contoh kalimat sesuai gambar.
Ibu membeli pempek di pasar.
Kami makan malam di warung dekat rumah.
Ayah sering makan di rumah makan ampera.
Adi suka jajan batagor sepulang sekolah.
Kami berkumpul di angkringan untuk minum teh.
4. Struktur Kalimat Sederhana
Struktur kalimat yang dipakai: Subjek + Predikat + Objek/Keterangan
Contoh:
Siti (Subjek) membeli (Predikat) batagor (Objek).
Kami (Subjek) makan (Predikat) di warung (Keterangan).
5. Latihan
Sebutkan 3 contoh kosakata serapan dari bahasa daerah yang kamu ketahui!
Buatlah 2 kalimat dengan menggunakan kata warung dan pempek!
Amati gambar (misalnya gambar warung atau pempek), lalu tuliskan kalimat sederhana sesuai gambar!
Sebutkan 3 contoh kosakata serapan dari bahasa daerah yang kamu ketahui!
Buatlah 2 kalimat dengan menggunakan kata warung dan pempek!
Amati gambar (misalnya gambar warung atau pempek), lalu tuliskan kalimat sederhana sesuai gambar!
SBDPCapaian Penbelajaran :
Peserta didik Menilai karya dan penciptaan karya seni rupa dengan menggunakan kosa kata seni rupa yang telah di perlajari.
Tujuan Pembelajaran:
2.1 Peserta didik dapat menilai karya seni rupa dengan menggunakan kosa kata seni rupa.
Alur Tujuan Pembelajaran:
2.1.1 Peserta didik mengamati beberapa contoh karya seni rupa (gambar, patung, kolase, dll) dan mendeskripsikan unsur seni rupa yang terlihat dengan mengunakan kosa kata seni rupa.
Materi:
Halo Hari ini kita akan belajar menilai sebuah karya seni. Keren kan? Menilai karya seni itu artinya kita menceritakan apa saja yang kita lihat di dalam karya tersebut.
Yuk, kita kenali unsur-unsur dasar dalam seni rupa!
Capaian Penbelajaran :
Peserta didik Menilai karya dan penciptaan karya seni rupa dengan menggunakan kosa kata seni rupa yang telah di perlajari.
Tujuan Pembelajaran:
2.1 Peserta didik dapat menilai karya seni rupa dengan menggunakan kosa kata seni rupa.
Alur Tujuan Pembelajaran:
2.1.1 Peserta didik mengamati beberapa contoh karya seni rupa (gambar, patung, kolase, dll) dan mendeskripsikan unsur seni rupa yang terlihat dengan mengunakan kosa kata seni rupa.
Materi:
Halo Hari ini kita akan belajar menilai sebuah karya seni. Keren kan? Menilai karya seni itu artinya kita menceritakan apa saja yang kita lihat di dalam karya tersebut.
Yuk, kita kenali unsur-unsur dasar dalam seni rupa!
1. Titik ⚫
Semua gambar berawal dari sebuah titik. Titik adalah unsur yang paling kecil. Jika titik-titik dikumpulkan, bisa menjadi gambar yang indah, lho!
Semua gambar berawal dari sebuah titik. Titik adalah unsur yang paling kecil. Jika titik-titik dikumpulkan, bisa menjadi gambar yang indah, lho!
2. Garis 〰️
Garis adalah kumpulan dari titik-titik yang memanjang. Ada banyak macam garis yang bisa kita temukan di sebuah gambar:
Garis Lurus: Tegas dan kaku.
Garis Lengkung: Terlihat lembut dan santai.
Garis Zig-zag: Seperti gunung, terlihat runcing dan tajam.
Garis Gelombang: Seperti ombak di laut.
Coba lihat di sekitarmu, adakah benda yang memiliki garis-garis ini?
Garis adalah kumpulan dari titik-titik yang memanjang. Ada banyak macam garis yang bisa kita temukan di sebuah gambar:
Garis Lurus: Tegas dan kaku.
Garis Lengkung: Terlihat lembut dan santai.
Garis Zig-zag: Seperti gunung, terlihat runcing dan tajam.
Garis Gelombang: Seperti ombak di laut.
Coba lihat di sekitarmu, adakah benda yang memiliki garis-garis ini?
3. Bidang 🟦🟡🔺
Ketika ujung-ujung garis bertemu, maka akan membentuk bidang. Bidang itu datar. Contoh bidang yang sering kita lihat adalah:
Persegi
Lingkaran
Segitiga
Gambar rumah biasanya terdiri dari bidang persegi dan segitiga kan?
Ketika ujung-ujung garis bertemu, maka akan membentuk bidang. Bidang itu datar. Contoh bidang yang sering kita lihat adalah:
Persegi
Lingkaran
Segitiga
Gambar rumah biasanya terdiri dari bidang persegi dan segitiga kan?
4. Warna 🎨
Warna membuat karya seni menjadi lebih hidup dan indah! Ada tiga warna utama yang disebut warna primer :
Merah 🩸
Kuning ☀️
Biru 💧
Jika warna-warna ini dicampur, bisa menghasilkan warna baru, lho! Misalnya, biru dicampur kuning akan menjadi hijau.
Warna membuat karya seni menjadi lebih hidup dan indah! Ada tiga warna utama yang disebut warna primer :
Merah 🩸
Kuning ☀️
Biru 💧
Jika warna-warna ini dicampur, bisa menghasilkan warna baru, lho! Misalnya, biru dicampur kuning akan menjadi hijau.
5. Bentuk 🧊⚽
Bentuknya adalah unsur yang membuat sesuatu terlihat mempunyai isi atau volume (tiga dimensi). Kalau bidang itu datar, bentuk itu punya ruang.
Gambar kubus adalah bentuk dari bidang persegi.
Gambar bola adalah bentuk dari bidang lingkaran.
Bentuknya adalah unsur yang membuat sesuatu terlihat mempunyai isi atau volume (tiga dimensi). Kalau bidang itu datar, bentuk itu punya ruang.
Gambar kubus adalah bentuk dari bidang persegi.
Gambar bola adalah bentuk dari bidang lingkaran.
Soal Esai SBDP
Kerjakan soal-soal di bawah ini dengan jawabanmu sendiri ya!
Coba amati gambar pensil yang ada di mejamu atau bayangkan sebuah pensil. Permasalahan unsur-unsur seni rupa apa saja yang kamu lihat pada pensil itu! (Contoh: garis, warna, bentuk).
Apa perbedaan antara garis dan bidang dalam sebuah gambar? jelaskan dengan bahasamu sendiri!
Jika kamu diminta untuk menggambar pemandangan pantai, unsur-unsur seni rupa apa saja yang akan kamu gunakan? Ceritakan gambar seperti apa yang akan kamu buat!
Coba amati gambar pensil yang ada di mejamu atau bayangkan sebuah pensil. Permasalahan unsur-unsur seni rupa apa saja yang kamu lihat pada pensil itu! (Contoh: garis, warna, bentuk).
Apa perbedaan antara garis dan bidang dalam sebuah gambar? jelaskan dengan bahasamu sendiri!
Jika kamu diminta untuk menggambar pemandangan pantai, unsur-unsur seni rupa apa saja yang akan kamu gunakan? Ceritakan gambar seperti apa yang akan kamu buat!
Kesimpulan
Penutup"Hari ini adalah langkah pertama menuju masa depanmu. Jangan takut untuk mencoba, jangan ragu untuk bertanya, dan jangan malu untuk belajar. Setiap hal besar dimulai dari keberanian kecil di hari pertama. Ayo semangat! Sekolah bukan hanya tempat belajar, tapi juga tempat bertumbuh dan bermimpi."
Wassalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Wassalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Tidak ada komentar:
Posting Komentar