Hari/Tanggal : Kamis, 25 September 2025
Metode : diskusi, kerja kelompok
Capaian Pembelajaran :
Peserta didik mengidentifikasi dan melaksanakan aturan di sekolah dan lingkungan tempat tinggal, mengidentifikasi dan melaksanakan hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah.
Tujuan Pembelajaran:
2.2 Peserta didik mengetahui hak dan kewajiban di rumah dan di sekolah, mematuhi dan melaksanakan hak dan kewajiban dalam kegiatan sehari-hari di rumah dan sekolah
Alur Tujuan Pembelajaran:
Peserta didik dapat menjelaskan manfaat mematuhi aturan di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar.
1. Pengertian Hak dan Kewajiban
Hak adalah sesuatu yang layak diterima setiap orang.
Contoh: hak untuk bermain, hak mendapat kasih sayang, hak mendapat pendidikan.Kewajiban adalah sesuatu yang harus dilakukan oleh setiap orang dengan penuh tanggung jawab.
Contoh: kewajiban menghormati orang tua, kewajiban belajar, kewajiban menjaga kebersihan.
Hak dan kewajiban harus seimbang. Jika hanya menuntut hak tetapi tidak melaksanakan kewajiban, maka akan terjadi ketidakharmonisan.
2. Contoh Hak dan Kewajiban di Rumah
Hak di rumah
Mendapat kasih sayang dari orang tua
Mendapat makanan yang sehat
Mendapat tempat tinggal yang layak
Kewajiban di rumah
Membantu orang tua
Menjaga kebersihan rumah
Menghormati anggota keluarga
3. Contoh Hak dan Kewajiban di Sekolah
Hak di sekolah
Mendapat pelajaran dari guru
Bermain bersama teman
Menggunakan fasilitas sekolah
Kewajiban di sekolah
Belajar dengan sungguh-sungguh
Mematuhi peraturan sekolah
Menjaga kebersihan dan fasilitas sekolah
4. Pentingnya Melaksanakan Hak dan Kewajiban
Jika hak dan kewajiban dilaksanakan dengan baik, maka kehidupan di rumah dan sekolah akan menjadi tertib, aman, dan harmonis.
Jika kewajiban diabaikan, hak yang diterima bisa terganggu.
Latihan Soal
A. Soal Pilihan Ganda
Yang termasuk hak di rumah adalah …
a. Membantu orang tua mencuci piring
b. Mendapat makanan yang sehat
c. Menyapu lantai rumah
d. Membersihkan kamar tidurYang termasuk kewajiban di sekolah adalah …
a. Mendapat bimbingan dari guru
b. Mendapat teman bermain
c. Mengikuti pelajaran dengan baik
d. Mendapat fasilitas belajarJika seorang anak hanya menuntut hak tanpa melaksanakan kewajiban, maka …
a. Lingkungan menjadi tertib
b. Hubungan dengan orang lain menjadi baik
c. Akan timbul masalah dan ketidakharmonisan
d. Semua orang merasa bahagia
MTK
Tujuan Pembelajaran:
Peserta didik dapat melakukan perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda, kongrit, gambar dan simbol matematika.
Alur Tujuan Pembelajaran:
Peserta didik mampu memahami operasi pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda kongrit.
Materi:
1. Mengingat Kembali (Review Singkat)
Bilangan cacah adalah bilangan bulat tanpa tanda negatif: 0, 1, 2, 3, 4, …
Operasi perkalian adalah penjumlahan berulang.
Contoh: 4 × 3 = 3 + 3 + 3 + 3 = 12.
Bilangan cacah adalah bilangan bulat tanpa tanda negatif: 0, 1, 2, 3, 4, …
Operasi perkalian adalah penjumlahan berulang.
Contoh: 4 × 3 = 3 + 3 + 3 + 3 = 12.
2. Pembagian Sebagai Pengelompokan
Pembagian adalah membagi sesuatu menjadi kelompok yang sama besar.
Contoh dengan benda konkret:
Ada 12 kelereng. Jika dibagi ke dalam 3 kantong, maka setiap kantong berisi 4 kelereng.
Ditulis dengan simbol: 12 ÷ 3 = 4.
Pembagian adalah membagi sesuatu menjadi kelompok yang sama besar.
Contoh dengan benda konkret:
Ada 12 kelereng. Jika dibagi ke dalam 3 kantong, maka setiap kantong berisi 4 kelereng.
Ditulis dengan simbol: 12 ÷ 3 = 4.
3. Langkah Belajar Pembagian dengan Benda Konkret
Sediakan benda konkret (misalnya 20 stik es krim).
Tentukan jumlah kelompok. Misalnya, bagi ke dalam 4 kelompok.
Bagikan satu per satu benda ke setiap kelompok hingga habis.
Hitung isi setiap kelompok.
Hasil yang diperoleh adalah jawaban pembagian.
Sediakan benda konkret (misalnya 20 stik es krim).
Tentukan jumlah kelompok. Misalnya, bagi ke dalam 4 kelompok.
Bagikan satu per satu benda ke setiap kelompok hingga habis.
Hitung isi setiap kelompok.
Hasil yang diperoleh adalah jawaban pembagian.
4. Pembagian Menggunakan Gambar
Contoh soal: 15 ÷ 5 = ?
Gambar 15 apel.
Kelompokkan apel menjadi 5 keranjang.
Hitung isi tiap keranjang = 3 apel.
Jadi, 15 ÷ 5 = 3.
Contoh soal: 15 ÷ 5 = ?
Gambar 15 apel.
Kelompokkan apel menjadi 5 keranjang.
Hitung isi tiap keranjang = 3 apel.
Jadi, 15 ÷ 5 = 3.
5. Pembagian Menggunakan Simbol
Soal: 36 ÷ 6 = ?
Artinya: 36 benda dibagi rata ke 6 kelompok.
Setiap kelompok mendapat 6 benda.
Jadi, 36 ÷ 6 = 6.
Soal: 36 ÷ 6 = ?
Artinya: 36 benda dibagi rata ke 6 kelompok.
Setiap kelompok mendapat 6 benda.
Jadi, 36 ÷ 6 = 6.
Latihan Soal
Bagikan 20 kelereng ke 5 anak. Berapa kelereng yang diterima tiap anak?
Ada 24 permen. Jika dimasukkan ke dalam 4 toples dengan jumlah sama, berapa permen di setiap toples?
Tentukan hasil pembagian berikut:
18 ÷ 3 = …
42 ÷ 7 = …
56 ÷ 8 = …
Bagikan 20 kelereng ke 5 anak. Berapa kelereng yang diterima tiap anak?
Ada 24 permen. Jika dimasukkan ke dalam 4 toples dengan jumlah sama, berapa permen di setiap toples?
Tentukan hasil pembagian berikut:
18 ÷ 3 = …
42 ÷ 7 = …
56 ÷ 8 = …
SBDPCapaian Penbelajaran :
Peserta didik Menilai karya dan penciptaan karya seni rupa dengan menggunakan kosa kata seni rupa yang telah di perlajari.
Tujuan Pembelajaran:
2.1 Peserta didik dapat menilai karya seni rupa dengan menggunakan kosa kata seni rupa.
Alur Tujuan Pembelajaran:
2.1.1 Peserta didik mengamati beberapa contoh karya seni rupa (gambar, patung, kolase, dll) dan mendeskripsikan unsur seni rupa yang terlihat dengan mengunakan kosa kata seni rupa.
Materi:
Halo Hari ini kita akan belajar menilai sebuah karya seni. Keren kan? Menilai karya seni itu artinya kita menceritakan apa saja yang kita lihat di dalam karya tersebut.
Yuk, kita kenali unsur-unsur dasar dalam seni rupa!
Capaian Penbelajaran :
Peserta didik Menilai karya dan penciptaan karya seni rupa dengan menggunakan kosa kata seni rupa yang telah di perlajari.
Tujuan Pembelajaran:
2.1 Peserta didik dapat menilai karya seni rupa dengan menggunakan kosa kata seni rupa.
Alur Tujuan Pembelajaran:
2.1.1 Peserta didik mengamati beberapa contoh karya seni rupa (gambar, patung, kolase, dll) dan mendeskripsikan unsur seni rupa yang terlihat dengan mengunakan kosa kata seni rupa.
Materi:
Halo Hari ini kita akan belajar menilai sebuah karya seni. Keren kan? Menilai karya seni itu artinya kita menceritakan apa saja yang kita lihat di dalam karya tersebut.
Yuk, kita kenali unsur-unsur dasar dalam seni rupa!
1. Titik ⚫
Semua gambar berawal dari sebuah titik. Titik adalah unsur yang paling kecil. Jika titik-titik dikumpulkan, bisa menjadi gambar yang indah, lho!
Semua gambar berawal dari sebuah titik. Titik adalah unsur yang paling kecil. Jika titik-titik dikumpulkan, bisa menjadi gambar yang indah, lho!
2. Garis 〰️
Garis adalah kumpulan dari titik-titik yang memanjang. Ada banyak macam garis yang bisa kita temukan di sebuah gambar:
Garis Lurus: Tegas dan kaku.
Garis Lengkung: Terlihat lembut dan santai.
Garis Zig-zag: Seperti gunung, terlihat runcing dan tajam.
Garis Gelombang: Seperti ombak di laut.
Coba lihat di sekitarmu, adakah benda yang memiliki garis-garis ini?
Garis adalah kumpulan dari titik-titik yang memanjang. Ada banyak macam garis yang bisa kita temukan di sebuah gambar:
Garis Lurus: Tegas dan kaku.
Garis Lengkung: Terlihat lembut dan santai.
Garis Zig-zag: Seperti gunung, terlihat runcing dan tajam.
Garis Gelombang: Seperti ombak di laut.
Coba lihat di sekitarmu, adakah benda yang memiliki garis-garis ini?
3. Bidang 🟦🟡🔺
Ketika ujung-ujung garis bertemu, maka akan membentuk bidang. Bidang itu datar. Contoh bidang yang sering kita lihat adalah:
Persegi
Lingkaran
Segitiga
Gambar rumah biasanya terdiri dari bidang persegi dan segitiga kan?
Ketika ujung-ujung garis bertemu, maka akan membentuk bidang. Bidang itu datar. Contoh bidang yang sering kita lihat adalah:
Persegi
Lingkaran
Segitiga
Gambar rumah biasanya terdiri dari bidang persegi dan segitiga kan?
4. Warna 🎨
Warna membuat karya seni menjadi lebih hidup dan indah! Ada tiga warna utama yang disebut warna primer :
Merah 🩸
Kuning ☀️
Biru 💧
Jika warna-warna ini dicampur, bisa menghasilkan warna baru, lho! Misalnya, biru dicampur kuning akan menjadi hijau.
Warna membuat karya seni menjadi lebih hidup dan indah! Ada tiga warna utama yang disebut warna primer :
Merah 🩸
Kuning ☀️
Biru 💧
Jika warna-warna ini dicampur, bisa menghasilkan warna baru, lho! Misalnya, biru dicampur kuning akan menjadi hijau.
5. Bentuk 🧊⚽
Bentuknya adalah unsur yang membuat sesuatu terlihat mempunyai isi atau volume (tiga dimensi). Kalau bidang itu datar, bentuk itu punya ruang.
Gambar kubus adalah bentuk dari bidang persegi.
Gambar bola adalah bentuk dari bidang lingkaran.
Bentuknya adalah unsur yang membuat sesuatu terlihat mempunyai isi atau volume (tiga dimensi). Kalau bidang itu datar, bentuk itu punya ruang.
Gambar kubus adalah bentuk dari bidang persegi.
Gambar bola adalah bentuk dari bidang lingkaran.
Soal Esai SBDP
Kerjakan soal-soal di bawah ini dengan jawabanmu sendiri ya!
Coba amati gambar pensil yang ada di mejamu atau bayangkan sebuah pensil. Permasalahan unsur-unsur seni rupa apa saja yang kamu lihat pada pensil itu! (Contoh: garis, warna, bentuk).
Apa perbedaan antara garis dan bidang dalam sebuah gambar? jelaskan dengan bahasamu sendiri!
Jika kamu diminta untuk menggambar pemandangan pantai, unsur-unsur seni rupa apa saja yang akan kamu gunakan? Ceritakan gambar seperti apa yang akan kamu buat!
Coba amati gambar pensil yang ada di mejamu atau bayangkan sebuah pensil. Permasalahan unsur-unsur seni rupa apa saja yang kamu lihat pada pensil itu! (Contoh: garis, warna, bentuk).
Apa perbedaan antara garis dan bidang dalam sebuah gambar? jelaskan dengan bahasamu sendiri!
Jika kamu diminta untuk menggambar pemandangan pantai, unsur-unsur seni rupa apa saja yang akan kamu gunakan? Ceritakan gambar seperti apa yang akan kamu buat!

Tidak ada komentar:
Posting Komentar