Rabu, 10 September 2025

Kamis, 11 September 2025

      


Hari/Tanggal : Kamis, 11 September 2025

Fase/Kelas : B/ 3 A

Sekolah : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung 

Pelajaran : PKN, SBDP, MTK

Metode : diskusi, kerja kelompok

Media : Video Pembelajaran, LKPD, tabel perkalian dan teka teki perkalian


PKN

Capaian Penbelajaran :

Peserta didik mengidentifikasi dan melaksanakan aturan di sekolah dan lingkungan tempat tinggal, mengidentifikasi dan melaksanakan hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah. 

Tujuan Pembelajaran:

2.2 Peserta didik mengetahui hak dan kewajiban di rumah dan di sekolah, mematuhi dan melaksanakan hak dan kewajiban dalam kegiatan sehari-hari di rumah dan sekolah

Alur Tujuan Pembelajaran:

Peserta didik dapat menjelaskan manfaat mematuhi aturan di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar.



1. Pengertian Hak dan Kewajiban

  • Hak adalah sesuatu yang layak diterima setiap orang.
    Contoh: hak untuk bermain, hak mendapat kasih sayang, hak mendapat pendidikan.

  • Kewajiban adalah sesuatu yang harus dilakukan oleh setiap orang dengan penuh tanggung jawab.
    Contoh: kewajiban menghormati orang tua, kewajiban belajar, kewajiban menjaga kebersihan.

Hak dan kewajiban harus seimbang. Jika hanya menuntut hak tetapi tidak melaksanakan kewajiban, maka akan terjadi ketidakharmonisan.


2. Contoh Hak dan Kewajiban di Rumah

  • Hak di rumah

    • Mendapat kasih sayang dari orang tua

    • Mendapat makanan yang sehat

    • Mendapat tempat tinggal yang layak

  • Kewajiban di rumah

    • Membantu orang tua

    • Menjaga kebersihan rumah

    • Menghormati anggota keluarga


3. Contoh Hak dan Kewajiban di Sekolah

  • Hak di sekolah

    • Mendapat pelajaran dari guru

    • Bermain bersama teman

    • Menggunakan fasilitas sekolah

  • Kewajiban di sekolah

    • Belajar dengan sungguh-sungguh

    • Mematuhi peraturan sekolah

    • Menjaga kebersihan dan fasilitas sekolah


4. Pentingnya Melaksanakan Hak dan Kewajiban

  • Jika hak dan kewajiban dilaksanakan dengan baik, maka kehidupan di rumah dan sekolah akan menjadi tertib, aman, dan harmonis.

  • Jika kewajiban diabaikan, hak yang diterima bisa terganggu.


Latihan Soal

A. Soal Pilihan Ganda

  1. Yang termasuk hak di rumah adalah …
    a. Membantu orang tua mencuci piring
    b. Mendapat makanan yang sehat
    c. Menyapu lantai rumah
    d. Membersihkan kamar tidur

  2. Yang termasuk kewajiban di sekolah adalah …
    a. Mendapat bimbingan dari guru
    b. Mendapat teman bermain
    c. Mengikuti pelajaran dengan baik
    d. Mendapat fasilitas belajar

  3. Jika seorang anak hanya menuntut hak tanpa melaksanakan kewajiban, maka …
    a. Lingkungan menjadi tertib
    b. Hubungan dengan orang lain menjadi baik
    c. Akan timbul masalah dan ketidakharmonisan
    d. Semua orang merasa bahagia

SBDP

Capaian Penbelajaran :

Peserta didik Menilai karya dan penciptaan karya seni rupa dengan menggunakan kosa kata seni rupa yang telah di perlajari.

Tujuan Pembelajaran:

2.1 Peserta didik dapat menilai karya seni rupa dengan menggunakan kosa kata seni rupa.

Alur Tujuan Pembelajaran:

2.1.1 Peserta didik mengamati beberapa contoh karya seni rupa (gambar, patung, kolase, dll) dan mendeskripsikan unsur seni rupa yang terlihat dengan mengunakan kosa kata seni rupa.

Materi: 



Halo Hari ini kita akan belajar menilai sebuah karya seni. Keren kan? Menilai karya seni itu artinya kita menceritakan apa saja yang kita lihat di dalam karya tersebut.

Yuk, kita kenali unsur-unsur dasar dalam seni rupa!

1. Titik ⚫

Semua gambar berawal dari sebuah titik. Titik adalah unsur yang paling kecil. Jika titik-titik dikumpulkan, bisa menjadi gambar yang indah, lho!

2. Garis 〰️

Garis adalah kumpulan dari titik-titik yang memanjang. Ada banyak macam garis yang bisa kita temukan di sebuah gambar:

  • Garis Lurus: Tegas dan kaku.

  • Garis Lengkung: Terlihat lembut dan santai.

  • Garis Zig-zag: Seperti gunung, terlihat runcing dan tajam.

  • Garis Gelombang: Seperti ombak di laut.

Coba lihat di sekitarmu, adakah benda yang memiliki garis-garis ini?

3. Bidang 🟦🟡🔺

Ketika ujung-ujung garis bertemu, maka akan membentuk bidang. Bidang itu datar. Contoh bidang yang sering kita lihat adalah:

  • Persegi

  • Lingkaran

  • Segitiga

Gambar rumah biasanya terdiri dari bidang persegi dan segitiga kan?

4. Warna 🎨

Warna membuat karya seni menjadi lebih hidup dan indah! Ada tiga warna utama yang disebut warna primer :

  • Merah 🩸

  • Kuning ☀️

  • Biru 💧

Jika warna-warna ini dicampur, bisa menghasilkan warna baru, lho! Misalnya, biru dicampur kuning akan menjadi hijau.

5. Bentuk 🧊⚽

Bentuknya adalah unsur yang membuat sesuatu terlihat mempunyai isi atau volume (tiga dimensi). Kalau bidang itu datar, bentuk itu punya ruang.

  • Gambar kubus adalah bentuk dari bidang persegi.

  • Gambar bola adalah bentuk dari bidang lingkaran.



Soal Esai SBDP

Kerjakan soal-soal di bawah ini dengan jawabanmu sendiri ya!

  1. Coba amati gambar pensil yang ada di mejamu atau bayangkan sebuah pensil. Permasalahan unsur-unsur seni rupa apa saja yang kamu lihat pada pensil itu! (Contoh: garis, warna, bentuk).

  2. Apa perbedaan antara garis dan bidang dalam sebuah gambar? jelaskan dengan bahasamu sendiri!

  3. Jika kamu diminta untuk menggambar pemandangan pantai, unsur-unsur seni rupa apa saja yang akan kamu gunakan? Ceritakan gambar seperti apa yang akan kamu buat!

MTK

Tujuan Pembelajaran:

Peserta didik dapat melakukan perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda, kongrit, gambar dan simbol matematika.

Alur Tujuan Pembelajaran:

Peserta didik mampu memahami operasi perkalian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda kongrit.

Materi:


Hari ini kita akan belajar tentang perkalian. Perkalian itu seru, lho! Sebenarnya, perkalian adalah penjumlahan berulang. Bingung? Yuk, kita lihat contohnya!

Misalnya, Ibu memberimu 3 kantong permen. Setiap kantong berisi 5 permen. Berapa jumlah semua permenmu?

Kita bisa menghitungnya dengan menjumlahkan isi setiap kantong: 5 + 5 + 5 = 15

Nah, bentuk penjumlahan berulang ini bisa kita ubah menjadi bentuk perkalian. Karena ada 3 kantong yang isinya sama, kita bisa menuliskannya sebagai:

3 x 5 = 15

Dibaca: "Tiga dikali lima sama dengan lima belas."

  • 3 adalah jumlah kelompok (jumlah kantong permen).

  • 5 adalah jumlah benda dalam setiap kelompok (jumlah permen di setiap kantong).

  • 15 adalah hasil perkalian (jumlah total semua permen).

1. Perkalian dengan Benda Konkret

Cara paling mudah memahami perkalian adalah dengan menggunakan benda-benda di sekitar kita. Kita bisa pakai kelereng, stik es krim, batu, atau mainan.

Contoh: 4 x 3

Artinya, ada 4 kelompok, dan setiap kelompok berisi 3 benda.

  1. Siapkan benda: Ambil kelereng atau benda lain.

  2. Buat kelompok: Buatlah 4 kelompok yang terpisah.

  3. Isi setiap kelompok: Masukkan 3 buah kelereng ke dalam setiap kelompok.

  4. Hitung semua: Sekarang, hitung jumlah semua kelereng yang ada. Totalnya ada 12 kelereng!

Jadi, 4 x 3 = 12.

2. Perkalian dengan Gambar

Selain benda langsung, kita juga bisa menggunakan gambar untuk belajar perkalian. Caranya sama saja, kita menggambar kelompok dan isinya.

Contoh: 5 x 2

Artinya, kita perlu menggambar 5 kelompok, dan setiap kelompok berisi 2 gambar.

  1. Gambar 5 kelompok: Kamu bisa menggambar 5 kotak atau 5 lingkaran.

  2. Isi setiap kelompok: Di dalam setiap kotak, gambarlah 2 buah benda, misalnya bintang. ⭐️⭐️ ⭐️⭐️ ⭐️⭐️ ⭐️⭐️ ⭐️⭐️

  3. Hitung semua gambar: Hitung total bintang yang sudah kamu gambar. Ada 10 bintang!

Jadi, 5 x 2 = 10.

3. Perkalian dengan Simbol Matematika

Setelah paham konsepnya dengan benda dan gambar, sekarang kita akan menggunakan simbol matematika sepenuhnya. Simbol perkalian adalah tanda silang (x).

Mengingat perkalian adalah penjumlahan berulang, maka:

  • 6 x 4 sama artinya dengan 4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4 = 24

  • 7 x 3 sama artinya dengan 3 + 3 + 3 + 3 + 3 + 3 + 3 = 21

  • 2 x 9 sama artinya dengan 9 + 9 = 18

Semakin sering berlatih, kamu akan semakin hafal perkalian tanpa harus menjumlahkan berulang kali. Semangat belajar, ya!


Soal Esai

Berikut adalah 3 soal esai berdasarkan materi di atas.

  1. Budi memiliki 5 kotak mainan. Di setiap kotak, ia menyimpan 6 mobil-mobilan. Jelaskan bagaimana kamu bisa menemukan jumlah total mobil-mobilan Budi menggunakan konsep penjumlahan berulang, lalu tulislah bentuk perkaliannya!

  2. Gambarlah sebuah ilustrasi untuk menunjukkan operasi perkalian 4 x 6! Gunakan gambar lingkaran untuk kelompok dan gambar segitiga untuk isi setiap kelompoknya, lalu jelaskan berapa hasil akhirnya.

  3. Seorang petani menanam pohon mangga dalam 7 baris. Setiap baris terdiri dari 8 pohon. Tulislah kalimat matematika dalam bentuk perkalian untuk menghitung total pohon mangga dan jelaskan arti dari setiap angka dalam kalimat perkalian tersebut!


Kesimpulan

Penutup
"Hari ini adalah langkah pertama menuju masa depanmu. Jangan takut untuk mencoba, jangan ragu untuk bertanya, dan jangan malu untuk belajar. Setiap hal besar dimulai dari keberanian kecil di hari pertama. Ayo semangat! Sekolah bukan hanya tempat belajar, tapi juga tempat bertumbuh dan bermimpi."

Wassalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar