Hari/Tanggal : Selasa, 5 Agustus 2025
Metode : ceramah, diskusi, demonstrasi
Media : Video Pembelajaran, game interaktif, dan kartu angka
Bahasa IndonesiaCapaian Penbelajaran : Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang di bacakan dan atau di dengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan hal-hal menarik di lingkungan sekitar. peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang di bacakan atau dari media audio.Tujuan Pembelajaran: - Peserta didik mampu memahami informasi dari media audio atau teks aural yang di bacakan atau di dengar.
Alur Tujuan Pembelajaran:Peserta didik mampu memahami dan mengungkapkan pesan informasi dalam teks aural, serta dapat menuliskan teks eksposisi dengan penggunaan tanda baca serta ejaan yang benar.
Materi:
Pengertian Teks AuralTeks aural adalah teks yang disampaikan secara lisan, baik secara langsung (dibacakan oleh seseorang) maupun melalui media audio (rekaman, podcast, radio, dll), yang diterima melalui indera pendengaran.Tujuan menyimak teks aural adalah agar peserta didik dapat menangkap dan memahami pesan, informasi, atau gagasan dari apa yang didengar.
Petunjuk Kerja:
- Peserta didik mampu memahami informasi dari media audio atau teks aural yang di bacakan atau di dengar.
-
Dengarkan dengan saksama teks fabel “Gagak Ingin Menjadi Angsa” yang dibacakan oleh guru atau diputar melalui audio.
-
Isilah tugas-tugas di bawah ini berdasarkan apa yang kamu dengar.
-
Tulislah dengan rapi dan gunakan ejaan yang benar.
Latihan1. Tokoh utama dalam cerita tersebut adalah:
........................................................................................................................
2. Apa yang menjadi keinginan si Gagak?
........................................................................................................................
3. Apa yang dilakukan si Gagak agar bisa menjadi seperti angsa?
........................................................................................................................
4. Apa akibat dari perbuatan si Gagak tersebut?
........................................................................................................................
5. Apa pesan moral yang dapat kamu ambil dari cerita ini?
........................................................................................................................
PKN
-
Dengarkan dengan saksama teks fabel “Gagak Ingin Menjadi Angsa” yang dibacakan oleh guru atau diputar melalui audio.
-
Isilah tugas-tugas di bawah ini berdasarkan apa yang kamu dengar.
-
Tulislah dengan rapi dan gunakan ejaan yang benar.
1. Tokoh utama dalam cerita tersebut adalah:
........................................................................................................................
2. Apa yang menjadi keinginan si Gagak?
........................................................................................................................
3. Apa yang dilakukan si Gagak agar bisa menjadi seperti angsa?
........................................................................................................................
4. Apa akibat dari perbuatan si Gagak tersebut?
........................................................................................................................
5. Apa pesan moral yang dapat kamu ambil dari cerita ini?
........................................................................................................................
PKN
Capaian Pembelajaran (CP):Pancasila Peserta didik menunjukkan makna sila-sila Pancasila, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.Tujuan Pembelajaran (TP):1.2 peserta didik dapat mengingat sila-sila Pancasila beserta maknanya dalam sehari-hari.Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):1.2.2 peserta didik dapat menjelasan makna dari setiap sila pancasila serta menunjukkan penerapan nilai nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari (lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat).
Materi:
Apa Itu Pancasila?Pancasila adalah dasar negara Indonesia dan panduan hidup seluruh rakyat Indonesia. Pancasila terdiri dari 5 sila, yang masing-masing memiliki makna dan nilai luhur yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
latihan
Capaian Pembelajaran (CP):Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Tujuan Pembelajaran (TP):Peserta didik dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, dan mengurutkan bilangan cacah sampai 10.000.
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):1.4 peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan bilangan cacah 10.000
Materi:
Membandingkan Bilangan Cacah
Untuk membandingkan dua bilangan, perhatikan:
-
Jumlah angka (digit): Bilangan yang digit-nya lebih banyak pasti lebih besar.
-
Contoh: 9 < 89 < 899 < 8.999
-
Jika jumlah digit sama, bandingkan dari angka ribuan → ratusan → puluhan → satuan
-
Contoh:
Bandingkan 3.214 dan 3.124
➤ Ribuan sama (3), ratusan beda: 2 > 1, jadi 3.214 > 3.124
Tanda yang digunakan:
-
> : lebih besar dari
-
< : lebih kecil dari
-
= : sama dengan
📌 Contoh Soal:
-
7.625 < 8.200
-
9.999 > 9.990
-
6.050 = 6.050
Untuk membandingkan dua bilangan, perhatikan:
-
Jumlah angka (digit): Bilangan yang digit-nya lebih banyak pasti lebih besar.
-
Contoh: 9 < 89 < 899 < 8.999
-
-
Jika jumlah digit sama, bandingkan dari angka ribuan → ratusan → puluhan → satuan
-
Contoh:
Bandingkan 3.214 dan 3.124
➤ Ribuan sama (3), ratusan beda: 2 > 1, jadi 3.214 > 3.124
-
Tanda yang digunakan:
-
> : lebih besar dari
-
< : lebih kecil dari
-
= : sama dengan
📌 Contoh Soal:
-
7.625 < 8.200
-
9.999 > 9.990
-
6.050 = 6.050
Mengurutkan Bilangan Cacah
A. Urutan Menaik (Kecil → Besar)
Susun dari bilangan terkecil ke terbesar.
Contoh:
Urutkan: 3.210, 3.012, 3.021
➤ Jawaban: 3.012, 3.021, 3.210
Susun dari bilangan terkecil ke terbesar.
Contoh:
Urutkan: 3.210, 3.012, 3.021
➤ Jawaban: 3.012, 3.021, 3.210
B. Urutan Menurun (Besar → Kecil)
Susun dari bilangan terbesar ke terkecil.
Contoh:
Urutkan: 5.000, 4.800, 5.100
➤ Jawaban: 5.100, 5.000, 4.800
Latihan
Bandingkan bilangan berikut dengan tanda (<, >, =):
-
4.500 .... 4.050
-
9.999 .... 10.000
-
3.703 .... 3.730
B. Urutkan bilangan berikut (menaik):
-
8.010, 8.001, 8.100, 8.091
C. Urutkan bilangan berikut (menurun):
-
7.777, 7.707, 7.770, 7.700
Susun dari bilangan terbesar ke terkecil.
Contoh:
Urutkan: 5.000, 4.800, 5.100
➤ Jawaban: 5.100, 5.000, 4.800
Latihan
Bandingkan bilangan berikut dengan tanda (<, >, =):
-
4.500 .... 4.050
-
9.999 .... 10.000
-
3.703 .... 3.730
B. Urutkan bilangan berikut (menaik):
-
8.010, 8.001, 8.100, 8.091
C. Urutkan bilangan berikut (menurun):
-
7.777, 7.707, 7.770, 7.700
Kesimpulan
Penutup"Hari ini adalah langkah pertama menuju masa depanmu. Jangan takut untuk mencoba, jangan ragu untuk bertanya, dan jangan malu untuk belajar. Setiap hal besar dimulai dari keberanian kecil di hari pertama. Ayo semangat! Sekolah bukan hanya tempat belajar, tapi juga tempat bertumbuh dan bermimpi."
Wassalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Wassalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Tidak ada komentar:
Posting Komentar