Selasa, 12 Agustus 2025

Rabu, 13 Agustus 2025

    


Hari/Tanggal : Rabu, 13 Agustus 2025

Fase/Kelas : B/ 3 A

Sekolah : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung 

Pelajaran : IPAS, Bahasa Indonesia, SBDP

Metode : demonstrasi,  diskusi, kerja kelompok

Media : Video Pembelajaran,  uang mainan


IPAS

Capaian Penbelajaran :

Peserta didik memahami siklus hidup makhluk hidup dan upaya pelestariannya.

Tujuan Pembelajaran:

1.2    Peserta didik dapat mengidentifikasi keberagaman hewan di sekitar kita

Alur Tujuan Pembelajaran:

Peserta didik dapat mengamati dan menyebutkan berbagai jenis hewan yang ada di lingkungan sekitar dan ciri-cirinya serta dapat menyajikan hasil pengamatannya.

Materi: 


A. Pendahuluan

Makhluk hidup di bumi ini beragam, salah satunya adalah hewan. Hewan memiliki bentuk tubuh, tempat hidup, cara bergerak, dan cara berkembang biak yang berbeda-beda. Dengan mengenal keberagaman hewan di sekitar kita, kita dapat belajar menghargai dan menjaga kelestariannya.

B. Materi Inti

1. Keberagaman Hewan Berdasarkan Tempat Hidupnya

  • Hewan darat: kucing, ayam, kambing, gajah.

  • Hewan air: ikan, lumba-lumba, udang.

  • Hewan amfibi (hidup di darat dan air): katak, salamander.

2. Keberagaman Hewan Berdasarkan Makanannya

  • Herbivora (pemakan tumbuhan): sapi, kelinci, kambing.

  • Karnivora (pemakan daging): harimau, elang, buaya.

  • Omnivora (pemakan tumbuhan dan daging): ayam, beruang, manusia.

3. Keberagaman Hewan Berdasarkan Cara Bergerak

  • Berjalan atau berlari: kucing, anjing, gajah.

  • Terbang: burung, kelelawar, kupu-kupu.

  • Berenang: ikan, paus, penyu.

4. Ciri-ciri Hewan

  • Bentuk tubuh (ukuran, warna, bentuk kaki, sayap, sirip).

  • Cara bergerak.

  • Tempat hidup.

  • Jenis makanan.

  • Cara berkembang biak (bertelur atau melahirkan).


latihan
  1. Katak termasuk hewan … karena dapat hidup di darat dan air.

  2. Harimau memakan daging, sehingga disebut hewan ….

  3. Bentuk kaki, warna bulu, dan ukuran tubuh merupakan … hewan.

  4. Sirip digunakan oleh ikan untuk ….

  5. Hewan yang memiliki bulu tebal biasanya hidup di daerah yang ….


Bahasa Indonesia
Capaian Pembelajaran : 
Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang di bacakan dan atau di dengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan hal-hal menarik di lingkungan sekitar. peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang di bacakan atau dari media audio.
Tujuan Pembelajaran: 

  • Peserta didik mampu memahami informasi dari media audio atau teks aural yang di bacakan atau di dengar.

Alur Tujuan Pembelajaran:
Peserta didik mampu memahami dan mengungkapkan pesan informasi dalam teks aural, serta dapat menuliskan teks eksposisi dengan penggunaan tanda baca serta ejaan yang benar.

Materi:


Pengertian Teks Aural
Teks aural adalah teks yang disampaikan secara lisan, baik secara langsung (dibacakan oleh seseorang) maupun melalui media audio (rekaman, podcast, radio, dll), yang diterima melalui indera pendengaran.
Tujuan menyimak teks aural adalah agar peserta didik dapat menangkap dan memahami pesan, informasi, atau gagasan dari apa yang didengar.

Petunjuk Kerja:

  1. Dengarkan dengan saksama teks fabel “Gagak Ingin Menjadi Angsa” yang dibacakan oleh guru atau diputar melalui audio.

  2. Isilah tugas-tugas di bawah ini berdasarkan apa yang kamu dengar.

  3. Tulislah dengan rapi dan gunakan ejaan yang benar.

Latihan

1. Tokoh utama dalam cerita tersebut adalah:
........................................................................................................................

2. Apa yang menjadi keinginan si Gagak?
........................................................................................................................

3. Apa yang dilakukan si Gagak agar bisa menjadi seperti angsa?
........................................................................................................................


SBDP

Capaian Pembelajaran : 
Peserta didik mampu memahami konsep dasar warna dalam seni rupa, mengidentifikasi jenis-jenis warna (primer, sekunder, dan tersier), mempraktikkan pencampuran warna primer untuk menghasilkan warna sekunder, serta menampilkan sikap kreatif dan apresiatif dalam menciptakan karya seni yang memanfaatkan warna secara tepat.
Tujuan Pembelajaran: 
peserta didik diharapkan dapat menyebutkan jenis-jenis warna dalam seni rupa, seperti warna primer, sekunder, dan tersier, mengelompokkan warna berdasarkan jenisnya, memadukan warna primer untuk menghasilkan warna sekunder, serta menunjukkan sikap kreatif, teliti, dan antusias ketika melakukan percobaan warna.
Alur Tujuan Pembelajaran:
  1. Siswa diajak memahami pengertian warna dan fungsinya dalam seni rupa melalui penjelasan guru dan media visual.
  2. Siswa mempelajari dan menyebutkan warna primer, sekunder, dan tersier melalui kartu warna atau contoh karya seni.

  3. Siswa mempraktikkan pencampuran warna primer untuk menghasilkan warna sekunder dengan menggunakan cat air, krayon, atau pensil warna.

Materi

Pengertian Warna

Warna adalah unsur penting dalam seni rupa yang membuat gambar terlihat indah, menarik, dan hidup.


Jenis Warna

  1. Warna Primer
    Warna dasar yang tidak bisa diperoleh dari campuran warna lain.
    Contoh:
    🔴 Merah | 🔵 Biru | 🟡 Kuning

  2. Warna Sekunder
    Warna yang dihasilkan dari mencampur dua warna primer.
    Contoh:

    • Merah + Kuning = 🟠 Oranye

    • Merah + Biru = 🟣 Ungu

    • Biru + Kuning = 🟢 Hijau


Peralatan untuk Mengenal Warna

  • Cat air

  • Krayon

  • Pensil warna

  • Kuas & palet

  • Kertas gambar

Kesimpulan


Penutup
"Hari ini adalah langkah pertama menuju masa depanmu. Jangan takut untuk mencoba, jangan ragu untuk bertanya, dan jangan malu untuk belajar. Setiap hal besar dimulai dari keberanian kecil di hari pertama. Ayo semangat! Sekolah bukan hanya tempat belajar, tapi juga tempat bertumbuh dan bermimpi."

Wassalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar