Hari/Tanggal : Selasa, 22 Juli 2025
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Apersepsi
Anak-anak bagaimana kabarnya? Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah, melaksanakan sholat dhuha dan muraja'ah.
Alhamdulillah kita Hari ini kita dapat berjumpa kembali pada hari Selasa, 22 Juli 2025. Ibu guru mengucapkan terima kasih banyak atas semangat yang telah anak-anak ibu guru lakukan pada setiap pertemuan.
Semangat selalu ya Anak - anak hebat ibu guru, semoga materi yang akan kita pelajari hari ini dapat kita pahami dan bermanfaat ke depannya.
BAHASA INDONESIA
Materi: Ide Pokok (Gagasan Utama)Capaian Pembelajar: Peserta didik mampu memahami ide pokok suatu pesan informasi dari madia audio, teks aural, dari instruksi lisan, dari hal-hal yang menarik dari lingkungan sekitar.Tujuan Pembelajaran:Siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari paragraf.
Siswa dapat menuliskan ide pokok dari teks lisan dan tulis secara tepat.
peserta didik mampu memahami informasi dari media audio. Alur Tujuan Pembelajaran: peserta didik mampu memahami isi teks ide pokok/gagasan suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks yang di bacakan atau di dengar. Materi PembelajaranPengertian Ide PokokIde pokok adalah gagasan utama atau hal penting yang dibicarakan dalam suatu paragraf.- Ide pokok biasanya terdapat di awal, tengah, atau akhir paragraf.
- Ide pokok menjawab pertanyaan: "Paragraf ini membicarakan tentang apa?"
- Ide pokok biasanya terdapat di awal, tengah, atau akhir paragraf.
- Ide pokok menjawab pertanyaan: "Paragraf ini membicarakan tentang apa?"
Cara Menemukan Ide Pokok
Baca seluruh isi paragraf dengan cermat.
Perhatikan kalimat utama, biasanya kalimat yang paling penting.
Tanyakan pada diri sendiri: Apa yang dibicarakan dalam paragraf ini?
Contoh Paragraf"Burung cendrawasih adalah burung yang indah. Bulu-bulunya berwarna cerah dan panjang. Burung ini hidup di hutan Papua dan menjadi kebanggaan masyarakat."Ide pokok: Keindahan burung cendrawasih.
"Setiap sore, Andi bermain bola bersama teman-temannya di lapangan dekat rumah. Mereka bermain dengan penuh semangat. Kadang-kadang, ayah Andi ikut menonton dan memberi semangat dari pinggir lapangan."
Ide pokok: Andi bermain bola bersama teman-temannya setiap sore.
Latihan
Baca seluruh isi paragraf dengan cermat.
Perhatikan kalimat utama, biasanya kalimat yang paling penting.
Tanyakan pada diri sendiri: Apa yang dibicarakan dalam paragraf ini?
"Setiap sore, Andi bermain bola bersama teman-temannya di lapangan dekat rumah. Mereka bermain dengan penuh semangat. Kadang-kadang, ayah Andi ikut menonton dan memberi semangat dari pinggir lapangan."
Ide pokok: Andi bermain bola bersama teman-temannya setiap sore.
-
Bacalah paragraf dan tuliskan ide pokoknya.
-
Buat satu paragraf sederhana dan tandai ide pokoknya.
PKNCapaian Pembelajaran (CP):Pancasila Peserta didik
menunjukkan makna
sila-sila Pancasila, dan
penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari.
Bacalah paragraf dan tuliskan ide pokoknya.
Buat satu paragraf sederhana dan tandai ide pokoknya.
Tujuan Pembelajaran (TP):
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
- Lambang sila kedua Pancasila adalah?
- Apa makna dari simbol Pohon Beringin pada lambang Pancasila?
Capaian Pembelajaran (CP):Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi
bilangan(number sense) pada bilangan
cacah sampai 10.000.
Tujuan Pembelajaran (TP):
- Peserta didik
dapat membaca bilangan cacah sampai 10.000
- Peserta didik dapat menuliskan bilangan cacah sampai 10.000
Apa itu Bilangan Cacah?
Bilangan cacah adalah bilangan yang dimulai dari 0 dan tidak memiliki nilai negatif.
Contohnya:
0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, ...
Bilangan Cacah Sampai 10.000
Bilangan cacah sampai 10.000 artinya semua bilangan dari 0 hingga 10.000.
Bilangan-bilangan ini bisa terdiri dari:
1 angka: 0 – 9
2 angka: 10 – 99
3 angka: 100 – 999
4 angka: 1.000 – 9.999
5 angka: 10.000 Cara Membaca Bilangan
Berikut cara membaca bilangan dengan 4 angka:
Menuliskan dan Membaca Bilangan Cacah
- 1.234 Seribu dua ratus tiga puluh empat
- 4.500 Empat ribu lima ratus
- 9.999 Sembilan ribu sembilan ratus sembilan puluh sembilan
- 10.000 Sepuluh ribu
a. 1.245 = ___________________________
b. 3.020 = ___________________________
c. 9.999 = ___________________________
2. Tulislah bilangan berikut dengan angka!
a. Tiga ribu lima ratus enam puluh dua = ____________
b. Empat ribu tujuh ratus = ____________
c. Dua ribu sembilan belas = ____________
Kesimpulan
Penutup"Hari ini adalah langkah pertama menuju masa depanmu. Jangan takut untuk mencoba, jangan ragu untuk bertanya, dan jangan malu untuk belajar. Setiap hal besar dimulai dari keberanian kecil di hari pertama. Ayo semangat! Sekolah bukan hanya tempat belajar, tapi juga tempat bertumbuh dan bermimpi."
Wassalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Wassalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Tidak ada komentar:
Posting Komentar