Kamis, 24 Juli 2025

Jumat, 25 Juli 2025

      


Hari/Tanggal : Jumat, 25 Juli 2025

Fase/Kelas : B/ 3 A

Sekolah : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung 

Pelajaran : Matematika

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Apersepsi

Anak-anak bagaimana kabarnya? Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah, melaksanakan sholat dhuha dan muraja'ah.

Alhamdulillah kita Hari ini kita dapat berjumpa kembali pada hari Jumat, 25 Juli 2025. Ibu guru mengucapkan terima kasih banyak atas semangat yang telah anak-anak ibu guru lakukan pada setiap pertemuan.

Semangat selalu ya Anak - anak hebat ibu guru, semoga materi yang akan kita pelajari hari ini dapat kita pahami dan bermanfaat ke depannya.

MATEMATIKA

Capaian Pembelajaran (CP):
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan(number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. 

Tujuan Pembelajaran (TP):

Peserta didik dapat membaca dan menulis bilangan cacah sampai 10.000.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  1.   Peserta didik dapat membaca bilangan cacah sampai 10.000
  2.   Peserta didik dapat menuliskan bilangan cacah sampai 10.000
Materi:

Apa itu Bilangan Cacah?
Bilangan cacah adalah bilangan yang dimulai dari 0 dan tidak memiliki nilai negatif.
Contohnya:
0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, ...
Bilangan Cacah Sampai 10.000

Bilangan cacah sampai 10.000 artinya semua bilangan dari 0 hingga 10.000.

Bilangan-bilangan ini bisa terdiri dari:
1 angka: 0 – 9
2 angka: 10 – 99
3 angka: 100 – 999
4 angka: 1.000 – 9.999
5 angka: 10.000 Cara Membaca Bilangan

Berikut cara membaca bilangan dengan 4 angka:
Menuliskan dan Membaca Bilangan Cacah
  1. 1.234 Seribu dua ratus tiga puluh empat
  2. 4.500 Empat ribu lima ratus
  3. 9.999 Sembilan ribu sembilan ratus sembilan puluh sembilan
  4. 10.000 Sepuluh ribu
Berikut soal -soal:
1. Tulislah bilangan berikut dengan huruf!
a. 1.245 = ___________________________
b. 3.020 = ___________________________
c. 9.999 = ___________________________

2. Tulislah bilangan berikut dengan angka!
a. Tiga ribu lima ratus enam puluh dua = ____________
b. Empat ribu tujuh ratus = ____________
c. Dua ribu sembilan belas = ____________


Kesimpulan

Penutup
"Hari ini adalah langkah pertama menuju masa depanmu. Jangan takut untuk mencoba, jangan ragu untuk bertanya, dan jangan malu untuk belajar. Setiap hal besar dimulai dari keberanian kecil di hari pertama. Ayo semangat! Sekolah bukan hanya tempat belajar, tapi juga tempat bertumbuh dan bermimpi."

Wassalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar