Hari/Tanggal : Selasa, 2 Desember 2025
Sumatif Tengah Semester ( SAS)
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, anak-anak sholeh dan sholehah yang ceria dan penuh semangat! Alhamdulillah, kita sudah sampai di "hari kedua pelaksanaan Sumatif Akhir Semester (SAS)". Semoga pagi yang indah ini membuat anak-anak sholeh dan sholehah semakin siap untuk belajar dan mengerjakan soal dengan tenang.
Sebelum kita memulai kegiatan, pastikan anak-anak sholeh dan sholehah sudah melaksanakan sholat dhuha berjamaah di kelas. Setelah itu, kita akan lanjutkan dengan muroja’ah bersama agar pikiran menjadi lebih fokus.
Baiklah anak-anak sholeh dan sholehah , berikut ini adalah Kisi–Kisi Sumatif Akhir Semester (SAS). Semoga membantu kalian menghadapi ujian dengan penuh percaya diri.
Kisi-kisi PAS Pendidikan Pancasila
1.Disajikan deskripsi tentang lambang sila pertama Pancasila, peserta didik dapat mengidentifikasi lambang sila yang tepat.
2.Disajikan deskripsi tentang bunyi sila kedua Pancasila, peserta didik dapat mengidentifikasi bunyi sila yang tepat.
3.Disajikan kasus penerapan sila pertama Pancasila dalam konteks keberagaman agama, peserta didik dapat menentukan sikap yang sesuai.
4.Disajikan informasi tentang perjuangan perumusan dasar negara, peserta didik dapat menyebutkan salah satu tokoh proklamator yang mengusulkan rumusan dasar negara.
5.Disajikan narasi tentang sikap para perumus Pancasila, peserta didik dapat menyimpulkan sikap utama yang patut diteladani dalam konteks persatuan.
6.Disajikan situasi komunikasi antar suku, peserta didik dapat menentukan bahasa persatuan yang sebaiknya digunakan.
7.Disajikan situasi presentasi di sekolah, peserta didik dapat menentukan tindakan yang paling tepat untuk menunjukkan kepedulian terhadap bahasa persatuan.
8.Disajikan fenomena penggunaan bahasa gaul/asing di media sosial, peserta didik dapat menentukan strategi paling efektif untuk menumbuhkan kecintaan terhadap bahasa Indonesia.
9.Disajikan fakta keberagaman bahasa daerah, peserta didik dapat menganalisis alasan strategis penetapan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan.
10.Disajikan kasus teman yang melanggar aturan jam masuk kelas, peserta didik dapat menentukan tindakan yang paling mencerminkan kepatuhan dan kepedulian.
11.Disajikan kasus pelanggaran aturan tidak mengumpulkan tugas, peserta didik dapat menentukan konsekuensi yang paling mungkin diterima.
12.Disajikan aturan memelihara hewan di lingkungan, peserta didik dapat menganalisis dampak negatif yang paling mungkin terjadi jika aturan tersebut dilanggar.
13.Disajikan kasus tetangga membuang limbah sembarangan, peserta didik dapat menentukan tindakan yang paling bijaksana dan bertanggung jawab untuk mengatasi masalah tersebut.
14.Disajikan pernyataan kebutuhan dasar oleh orang tua, peserta didik dapat mengidentifikasi konsep penerimaan kebutuhan tersebut dalam konteks keluarga.
15.Disajikan pernyataan kedua orangtua yang mencari nafkah peserta didik dapat menentukan tindakan yang paling menunjukkan tanggung jawab sebagai anak.
16.Disajikan pernyataan kewajiban di rumah, peserta didik dapat menentuka hak yang pantas didapatkan setelah melaksanakan kewajiban.
17.Peserta didik dapat menentukan contoh hak siswa di sekolah yang berkaitan dengan proses belajar.
18.Peserta didik dapat mengidentifikasi kewajiban siswa yang paling utama untuk menjaga citra baik sekolah.
19.Disajikan kasus teman membuang sampah sembarangan saat piket, peserta didik dapat menentukan tindakan yang paling tepat sebagai warga sekolah yang bertanggung jawab.
20.Disajikan pernyataan guru menjelaskan materi di kelas, peserta didik dapat menyimpulkan kewajiban yang harus dilaksanakan untuk mendapatkan hak berupa ilmu.
21.Disajikan pernyataan, peserta didik dapat melengkapi bunyi sila ketiga Pancasila.
22.Disajikan contoh perilaku adil dan beradab, peserta didik dapat menyebutkan sila Pancasila yang keberapa yang menjadi inti dari nilai tersebut.
23.Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan tanggal peringatan Hari Lahir Pancasila.
24.Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menyimpulkan bahasa yang harus digunakan sebagai warga negara.
Peserta didik dapat menyebutkan tujuan umum dari adanya aturan di sekolah.
25.Disajikan kasus pelanggaran aturan di sekolah, peserta didik dapat menyebutkan tempat di mana pelanggaran tersebut terjadi.
26.Disajikan gambar, peserta didik dapat menyebutkan tujuan utama dari aturan ronda malam di lingkungan.
27.Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan salah satu cara untuk menghemat sumber daya air.
28.Disajikan cerita di rumah (piring kotor menumpuk), peserta didik dapat menentukan kewajiban yang harus dilakukan.
29.Disajikan pernyataan terkait fasilitas baru di sekolah, peserta didik dapat menyimpulkan hak yang dimiliki setiap anak terhadap fasilitas tersebut.
30.Disajikan bunyi Pancasila, peserta didik dapat menuliskan satu contoh sikap adil yang dapat dilakukan di rumah, sesuai dengan sila kelima.
31.Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menuliskan dua nama tokoh perumus Pancasila.
32.Disajikan teks singkat tentang Hari Berbahasa, peserta didik dapat menentukan alasan pentingnya menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar di sekolah.
33.Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menguraikann alasan mengapa peraturan di sekolah harus ditaati.
34.Disajikan sebuah gambar, peserta didik dapat menganalisis dan menjelaskan tindakan yang seharusnya dilakukan oleh seorang anak.
latihan soal
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, anak-anak sholeh dan sholehah yang ceria dan penuh semangat! Alhamdulillah, kita sudah sampai di "hari kedua pelaksanaan Sumatif Akhir Semester (SAS)". Semoga pagi yang indah ini membuat anak-anak sholeh dan sholehah semakin siap untuk belajar dan mengerjakan soal dengan tenang.
Sebelum kita memulai kegiatan, pastikan anak-anak sholeh dan sholehah sudah melaksanakan sholat dhuha berjamaah di kelas. Setelah itu, kita akan lanjutkan dengan muroja’ah bersama agar pikiran menjadi lebih fokus.
Baiklah anak-anak sholeh dan sholehah , berikut ini adalah Kisi–Kisi Sumatif Akhir Semester (SAS). Semoga membantu kalian menghadapi ujian dengan penuh percaya diri.
Kisi-kisi PAS Pendidikan Pancasila
1.Disajikan deskripsi tentang lambang sila pertama Pancasila, peserta didik dapat mengidentifikasi lambang sila yang tepat.
2.Disajikan deskripsi tentang bunyi sila kedua Pancasila, peserta didik dapat mengidentifikasi bunyi sila yang tepat.
3.Disajikan kasus penerapan sila pertama Pancasila dalam konteks keberagaman agama, peserta didik dapat menentukan sikap yang sesuai.
4.Disajikan informasi tentang perjuangan perumusan dasar negara, peserta didik dapat menyebutkan salah satu tokoh proklamator yang mengusulkan rumusan dasar negara.
5.Disajikan narasi tentang sikap para perumus Pancasila, peserta didik dapat menyimpulkan sikap utama yang patut diteladani dalam konteks persatuan.
6.Disajikan situasi komunikasi antar suku, peserta didik dapat menentukan bahasa persatuan yang sebaiknya digunakan.
7.Disajikan situasi presentasi di sekolah, peserta didik dapat menentukan tindakan yang paling tepat untuk menunjukkan kepedulian terhadap bahasa persatuan.
8.Disajikan fenomena penggunaan bahasa gaul/asing di media sosial, peserta didik dapat menentukan strategi paling efektif untuk menumbuhkan kecintaan terhadap bahasa Indonesia.
9.Disajikan fakta keberagaman bahasa daerah, peserta didik dapat menganalisis alasan strategis penetapan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan.
10.Disajikan kasus teman yang melanggar aturan jam masuk kelas, peserta didik dapat menentukan tindakan yang paling mencerminkan kepatuhan dan kepedulian.
11.Disajikan kasus pelanggaran aturan tidak mengumpulkan tugas, peserta didik dapat menentukan konsekuensi yang paling mungkin diterima.
12.Disajikan aturan memelihara hewan di lingkungan, peserta didik dapat menganalisis dampak negatif yang paling mungkin terjadi jika aturan tersebut dilanggar.
13.Disajikan kasus tetangga membuang limbah sembarangan, peserta didik dapat menentukan tindakan yang paling bijaksana dan bertanggung jawab untuk mengatasi masalah tersebut.
14.Disajikan pernyataan kebutuhan dasar oleh orang tua, peserta didik dapat mengidentifikasi konsep penerimaan kebutuhan tersebut dalam konteks keluarga.
15.Disajikan pernyataan kedua orangtua yang mencari nafkah peserta didik dapat menentukan tindakan yang paling menunjukkan tanggung jawab sebagai anak.
16.Disajikan pernyataan kewajiban di rumah, peserta didik dapat menentuka hak yang pantas didapatkan setelah melaksanakan kewajiban.
17.Peserta didik dapat menentukan contoh hak siswa di sekolah yang berkaitan dengan proses belajar.
18.Peserta didik dapat mengidentifikasi kewajiban siswa yang paling utama untuk menjaga citra baik sekolah.
19.Disajikan kasus teman membuang sampah sembarangan saat piket, peserta didik dapat menentukan tindakan yang paling tepat sebagai warga sekolah yang bertanggung jawab.
20.Disajikan pernyataan guru menjelaskan materi di kelas, peserta didik dapat menyimpulkan kewajiban yang harus dilaksanakan untuk mendapatkan hak berupa ilmu.
21.Disajikan pernyataan, peserta didik dapat melengkapi bunyi sila ketiga Pancasila.
22.Disajikan contoh perilaku adil dan beradab, peserta didik dapat menyebutkan sila Pancasila yang keberapa yang menjadi inti dari nilai tersebut.
23.Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan tanggal peringatan Hari Lahir Pancasila.
24.Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menyimpulkan bahasa yang harus digunakan sebagai warga negara.
Peserta didik dapat menyebutkan tujuan umum dari adanya aturan di sekolah.
25.Disajikan kasus pelanggaran aturan di sekolah, peserta didik dapat menyebutkan tempat di mana pelanggaran tersebut terjadi.
26.Disajikan gambar, peserta didik dapat menyebutkan tujuan utama dari aturan ronda malam di lingkungan.
27.Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan salah satu cara untuk menghemat sumber daya air.
28.Disajikan cerita di rumah (piring kotor menumpuk), peserta didik dapat menentukan kewajiban yang harus dilakukan.
29.Disajikan pernyataan terkait fasilitas baru di sekolah, peserta didik dapat menyimpulkan hak yang dimiliki setiap anak terhadap fasilitas tersebut.
30.Disajikan bunyi Pancasila, peserta didik dapat menuliskan satu contoh sikap adil yang dapat dilakukan di rumah, sesuai dengan sila kelima.
31.Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menuliskan dua nama tokoh perumus Pancasila.
32.Disajikan teks singkat tentang Hari Berbahasa, peserta didik dapat menentukan alasan pentingnya menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar di sekolah.
33.Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menguraikann alasan mengapa peraturan di sekolah harus ditaati.
34.Disajikan sebuah gambar, peserta didik dapat menganalisis dan menjelaskan tindakan yang seharusnya dilakukan oleh seorang anak.
latihan soal
1. Berikut ini adalah lambang sila pertama Pancasila. Manakah yang benar?
A. Padi dan kapasB. Pohon beringinC. BintangD. Kepala banteng
2. Bunyi sila kedua Pancasila adalah….
A. Ketuhanan Yang Maha EsaB. Persatuan IndonesiaC. Kemanusiaan yang adil dan beradabD. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
3. Dalam pertemuan antarumat beragama, sikap yang sesuai dengan sila pertama adalah….
A. Memaksakan agama sendiriB. Menghormati teman yang berbeda agamaC. Mengejek keyakinan lainD. Tidak mau bekerja sama
4. Tokoh yang mengusulkan rumusan dasar negara adalah….
A. Ir. SoekarnoB. Jenderal SudirmanC. Ki Hajar DewantaraD. Moh. Hatta
5. Para perumus Pancasila memiliki sikap utama yang patut diteladani, yaitu….
A. Mementingkan kelompok sendiriB. Mengutamakan persatuan bangsaC. Tidak mau menerima pendapatD. Menghindari kerja sama
6. Dalam komunikasi antar suku, bahasa yang sebaiknya digunakan adalah….
A. Bahasa daerahB. Bahasa asingC. Bahasa IndonesiaD. Bahasa isyarat
7. Saat presentasi di sekolah, tindakan yang menunjukkan kepedulian pada bahasa persatuan adalah….
A. Menggunakan bahasa Inggris campur-campurB. Menggunakan bahasa gaul penuh singkatanC. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benarD. Menggunakan bahasa daerah saja
8. Untuk meningkatkan kecintaan terhadap bahasa Indonesia di media sosial, strategi yang tepat adalah….
A. Menggunakan bahasa asing dalam semua unggahanB. Menyebarkan konten dengan bahasa Indonesia yang baikC. Menghapus semua bahasa daerahD. Menggunakan bahasa gaul berlebihan
9. Bahasa Indonesia dipilih sebagai bahasa persatuan karena….
A. Tidak dimiliki negara lainB. Mudah dipelajari dan mempersatukan bangsaC. Merupakan bahasa daerah terbanyakD. Digunakan oleh suku tertentu
10. Teman datang terlambat masuk kelas. Sikap yang mencerminkan kepatuhan adalah….
A. Ikut terlambatB. Membiarkan tanpa menegurC. Mengingatkan dengan sopanD. Menertawakan teman
11. Siswa tidak mengumpulkan tugas. Konsekuensi yang mungkin diterima adalah….
A. Mendapat nilai tambahanB. Tidak diberi tugas lagiC. Mendapat teguran dan nilai berkurangD. Diberi hadiah
12. Tidak mematuhi aturan memelihara hewan dapat menyebabkan….
A. Lingkungan menjadi bersihB. Hewan tidak makanC. Bau tidak sedap dan penyakitD. Hewan menjadi lebih jinak
13. Tetangga membuang limbah sembarangan. Tindakan paling bijaksana adalah….
A. Membiarkan sajaB. Marah-marah di depan umumC. Menegur dengan sopan dan melapor bila perluD. Membalas dengan membuang sampah
14. Orang tua bekerja untuk memenuhi….
A. KeinginanB. Kebutuhan dasar keluargaC. HobiD. Permainan
15. Orang tua mencari nafkah. Sikap anak yang bertanggung jawab adalah….
A. Bermalas-malasanB. Tidak membantu apa punC. Membantu pekerjaan rumah sesuai kemampuanD. Meminta uang terus
16. Setelah melaksanakan kewajiban di rumah, anak berhak mendapatkan….
A. Pujian yang berlebihanB. Hak untuk beristirahat dan mendapat kasih sayangC. Hadiah mahalD. Bebas melakukan apa saja
17. Hak siswa di sekolah yang berkaitan dengan proses belajar adalah….
A. Mendapat nilai tanpa belajarB. Menggunakan fasilitas belajarC. Pulang sesuka hatiD. Tidak mengikuti pelajaran
18. Kewajiban siswa untuk menjaga citra baik sekolah adalah….
A. Membuat gaduh di kelasB. Berpakaian rapi dan sopanC. Membolos sekolahD. Melanggar aturan
19. Teman membuang sampah saat piket. Sikap paling tepat adalah….
A. Membiarkan sajaB. Mengumpat diam-diamC. Menegur dengan sopan dan mengajak bekerja samaD. Membalas dengan membuang sampah juga
20. Saat guru menjelaskan materi, kewajiban siswa adalah….
A. MengobrolB. Mendengarkan dengan saksamaC. TidurD. Bermain gawai
21. Bunyi sila ketiga Pancasila adalah….
A. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat IndonesiaB. Persatuan IndonesiaC. Kerakyatan yang dipimpin hikmat kebijaksanaanD. Kemanusiaan yang adil dan beradab
22. Perilaku adil dan beradab merupakan nilai dari sila ke….
A. 1B. 2C. 3D. 5
23. Hari Lahir Pancasila diperingati setiap tanggal….
A. 17 AgustusB. 1 JuniC. 20 MeiD. 28 Oktober
24. Bahasa yang harus digunakan sebagai warga negara adalah….
A. Bahasa gaulB. Bahasa asingC. Bahasa daerahD. Bahasa Indonesia
25. Pelanggaran aturan kelas biasanya terjadi di….
A. Kantor posB. Ruang kelasC. ApotekD. Rumah makan
26. Tujuan utama adanya aturan ronda malam adalah….
A. Menjaga keamanan lingkunganB. Membersihkan halamanC. Bermain bersamaD. Mengumpulkan uang
27. Cara menghemat air adalah….
A. Membiarkan keran mengalirB. Menampung air hujanC. Mengisi bak mandi terus menerusD. Bermain air tanpa henti
28. Di rumah banyak piring kotor menumpuk. Kewajiban anak adalah….
A. Membiarkan sampai ibu membersihkanB. MengeluhC. Mencuci piring dengan ikhlasD. Menyalahkan adik
29. Ada fasilitas baru di sekolah. Hak setiap siswa adalah….
A. Menguasai sendiriB. Menggunakannya bersamaC. Melarang orang lain memakaiD. Merusaknya
30. Contoh sikap adil di rumah sesuai sila kelima adalah….
A. Menyuruh adik terusB. Membagi tugas sesuai kemampuanC. Mengambil semua mainanD. Tidak mau berbagi
31. Tokoh perumus Pancasila antara lain….
A. Ir. Soekarno dan Moh. HattaB. Jenderal Sudirman dan Cut Nyak DienC. Ki Hajar Dewantara dan B.J. HabibieD. Bung Tomo dan R.A. Kartini
32. Bahasa Indonesia harus digunakan dengan baik dan benar di sekolah karena….
A. Agar terlihat kerenB. Memudahkan komunikasi dan menjaga persatuanC. Menghilangkan bahasa daerahD. Mengikuti tren
33. Peraturan sekolah harus ditaati karena….
A. Membatasi kebebasanB. Agar murid tidak bebas bermainC. Untuk menciptakan ketertiban dan kenyamananD. Untuk menyulitkan siswa
34. Seorang anak melihat sampah berserakan di taman sekolah. Tindakan yang seharusnya dilakukan adalah….
A. Melewati sajaB. Menambah sampahC. Memfoto dan mengunggah ke media sosialD. Memungut sampah dan membuangnya ke tempatnya.
-
C
-
C
-
B
-
A
-
B
-
C
-
C
-
B
-
B
-
C
-
C
-
C
-
C
-
B
-
C
-
B
-
B
-
B
-
C
-
B
-
B
-
B
-
B
-
D
-
B
-
A
-
B
-
C
-
B
-
B
-
A
-
B
-
C
-
D
-
C
-
C
-
B
-
A
-
B
-
C
-
C
-
B
-
B
-
C
-
C
-
C
-
C
-
B
-
C
-
B
-
B
-
B
-
C
-
B
-
B
-
B
-
B
-
D
-
B
-
A
-
B
-
C
-
B
-
B
-
A
-
B
-
C
-
D
Selamat belajar anak sholih sholihah.Kesimpulan
Penutup"Hari ini adalah langkah pertama menuju masa depanmu. Jangan takut untuk mencoba, jangan ragu untuk bertanya, dan jangan malu untuk belajar. Setiap hal besar dimulai dari keberanian kecil di hari pertama. Ayo semangat! Sekolah bukan hanya tempat belajar, tapi juga tempat bertumbuh dan bermimpi."
Wassalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Wassalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Tidak ada komentar:
Posting Komentar