Rabu, 03 Desember 2025

Rabu, 3 Desember 2025

                    

Hari/Tanggal : Rabu,  3 Desember 2025

Fase/Kelas : B/ 3 A

Sekolah : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung 

Mtaeri:  Sumatif  Akhir Semaester  (SAS)

Pelajaran : Matematika dan seni budaya


Sumatif  Tengah Semester  ( SAS) 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, anak-anak sholeh dan sholehah yang ceria dan penuh semangat! Alhamdulillah, kita sudah sampai di "hari ketiga pelaksanaan Sumatif Akhir Semester (SAS)". Semoga pagi yang indah ini membuat anak-anak sholeh dan sholehah semakin siap untuk belajar dan mengerjakan soal dengan tenang.

Sebelum kita memulai kegiatan, pastikan anak-anak sholeh dan sholehah sudah melaksanakan sholat dhuha berjamaah di kelas. Setelah itu, kita akan lanjutkan dengan muroja’ah bersama agar pikiran menjadi lebih fokus.

Baiklah anak-anak sholeh dan sholehah , berikut ini adalah Kisi–Kisi Sumatif Akhir Semester (SAS). Semoga membantu kalian menghadapi ujian dengan penuh percaya diri.

Kisi - kisi PAS Matematika 

1.Disajikan dengan data murid mampu menentukan lambang bilangan.dengan tepat

2.Disajikan dengan data murid dapat menentukan nilai tempat suatu bilangan dengan tepat

3 Disajikan dengan data murid dapat mengurutkan bilangan dari yang terbesar sampai yang terkecil

4.Disajikan dengan data murid mampu menentukan penjumlahan yang benar

5.Disajikan dengan data murid mampu menentukan pengurangan yang benar

6.Disajikan dengan data murid mampu menentukan hasil dari
perkalian dengan tepat.

7.Disajikan dengan data murid mampu menentukan hasil pembagiaan dengan tepat.

8.Disajikan dengan gambar murid mampu menentukan hasil perkalian.

9.Disajikan soal cerita murid mampu menyelesaikan masalah kontekstual yang melibatkan operasi perkalian dan pembagian

10.Disajikan dengan data murid mampu menjumlahkan pecahan

11.Disajikan data murid mampu menjumlahkan pecahan

12 Disajikan data murid mampu menjumlahkan pecahan

13.Disajikan dengan data murid mampu membanding nilai pecahan

14.Disajikan data murid mampu mengurutkan 
Pecahan

15.Disajikan dengan data murid mampu mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan symbol matematika

16.Disajikan soal cerita, murid dapat menyelesaikan soal cerita penjumlahan pecahan. 

17.Disajikan soal cerita, murid mampu menyelesaikan kaliamt matematika yang berhubungan dengan pengurangan dan penjumlahan

18.Disajikan dengan data murid mampu menyelesaikan kalimat matematika yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan

19.Disajikan dengan data murid mampu menyelesaikan kalimat matematika dengan tepat

20.Disajikan dengan data murid mampu menentukan nilai pada kalimat  matematika  

21.Disajikan dengan gambar murid mampu menentukan pola gambar sederhana

22Disajikan dengan gambar murid mampu melanjutkan pola bilangan sederhana
Disajikan data murid mampu menemukan nilai yang tidak diketahui dalam kalimat matematika

23 Disajikan data murid mampu menjelaskan pola bilangan yang menurun
Disajikan gambar murid mampu menjelaskan pola bilangan

24 Disajikan soal cerita, murid mampu menyelesaiakan masalah kontekstual yang berkaitan dengan nilai yang tidak

LATIHAN SOAL

1. Lambang Bilangan

Bilangan yang tepat untuk melambangkan tiga ratus dua puluh empat adalah ….
A. 234
B. 324
C. 342
D. 243

2. Nilai Tempat

Pada bilangan 582, angka 8 menempati nilai tempat ….
A. Satuan
B. Puluhan
C. Ratusan
D. Ribuan

3. Mengurutkan Bilangan

Urutan bilangan dari yang terbesar ke terkecil adalah ….
A. 450, 540, 405
B. 540, 450, 405
C. 405, 540, 450
D. 540, 405, 450

4. Penjumlahan

Hasil dari 345 + 122 adalah ….
A. 457
B. 467
C. 477
D. 487

5. Pengurangan

Hasil dari 700 − 265 adalah ….
A. 335
B. 425
C. 445
D. 365

6. Perkalian

Hasil dari 8 × 6 adalah ….
A. 36
B. 42
C. 48
D. 56

7. Pembagian

Hasil dari 56 ÷ 7 adalah ….
A. 6
B. 7
C. 8
D. 9

8. Perkalian dengan Gambar

Terdapat 3 kotak, masing-masing berisi 4 bintang. Banyak seluruh bintang adalah ….
A. 7
B. 8
C. 12
D. 16

9. Soal Cerita (Perkalian/Pembagian)

Ibu membeli 5 bungkus roti. Setiap bungkus berisi 4 roti. Banyak roti seluruhnya adalah ….
A. 9
B. 15
C. 20
D. 25

10. Penjumlahan Pecahan

Hasil dari 1/4 + 2/4 adalah ….
A. 1/4
B. 2/4
C. 3/4
D. 4/4

kisi-kisi Seni Rupa

  1. Garis – Mengidentifikasi macam-macam garis (lurus, lengkung, zig-zag)

  2. Garis – Membedakan garis berdasarkan bentuknya

  3. Bentuk – Mengenal bentuk datar (lingkaran, persegi, segitiga)

  4. Bentuk – Mengenal bentuk benda di sekitar

  5. Warna – Mengelompokkan warna primer

  6. Warna – Mengaplikasikan warna pada gambar

  7. Warna – Membedakan warna panas dan dingin

  8. Gambar cerita – Mengidentifikasi gambar cerita sederhana

  9. Gambar cerita – Menentukan isi cerita dari gambar

  10. Gambar cerita – Membuat gambar cerita sederhana

  11. Komposisi – Mengenal susunan gambar (atas–tengah–bawah)

  12. Komposisi – Membuat komposisi sederhana

  13. Tekstur – Mengenal jenis tekstur

  14. Tekstur – Membuat tekstur dengan teknik sederhana (gosok/iran)

  15. Tekstur – Mengidentifikasi tekstur benda (kasar–halus)

LATIHAN SOAL

1. Garis yang bentuknya berombak disebut garis ….

A. Lurus
B. Lengkung
C. Zig-zag
D. Putus-putus

2. Garis yang terbentuk dari serangkaian sudut disebut ….

A. Lengkung
B. Spiral
C. Zig-zag
D. Melingkar

3. Lingkaran, segitiga, dan persegi merupakan contoh ….

A. Bentuk ruang
B. Bentuk datar
C. Bentuk bayangan
D. Bentuk tekstur

4. Benda yang berbentuk lingkaran adalah ….

A. Bola
B. Buku
C. Jam dinding
D. Meja

5. Yang termasuk warna primer adalah ….

A. Hijau, kuning, merah
B. Merah, kuning, biru
C. Biru, ungu, oranye
D. Merah, hijau, ungu

6. Warna merah termasuk ke dalam kelompok warna ….

A. Dingin
B. Netral
C. Panas
D. Gelap

7. Gambar cerita biasanya menunjukkan ….

A. Benda-benda abstrak
B. Peristiwa atau kegiatan
C. Bentuk bangunan saja
D. Warna primer saja

8. Dari gambar anak-anak bermain layang-layang, isi ceritanya adalah ….

A. Anak sedang belajar
B. Anak sedang tidur
C. Anak sedang bermain di luar
D. Anak sedang makan

9. Susunan gambar yang terdiri dari bagian atas, tengah, dan bawah disebut ….

A. Tekstur
B. Komposisi
C. Bayangan
D. Bentuk datar

10. Permukaan amplas terasa ….

A. Halus
B. Kasar
C. Licin
D. Lembut

Selamat belajar anak sholih sholihah.
Kesimpulan

Penutup
"Hari ini adalah langkah pertama menuju masa depanmu. Jangan takut untuk mencoba, jangan ragu untuk bertanya, dan jangan malu untuk belajar. Setiap hal besar dimulai dari keberanian kecil di hari pertama. Ayo semangat! Sekolah bukan hanya tempat belajar, tapi juga tempat bertumbuh dan bermimpi."

Wassalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar