Minggu, 12 Oktober 2025

Senin, 13 Oktober 2025

       


Hari/Tanggal : Senin, 13 Oktober 2025

Fase/Kelas : B/ 3 A

Sekolah : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung 

Materi : Sumatif Tengah Semaester (STS)

Mapel : Pendidikan Pancasila

Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan
STS DAY 2

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Anak-anak yang sholeh dan sholehah,
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga semuanya sehat dan semangat ya!

Hari ini kita sudah mulai 
Sumatif tengah semester hari kedua. semoga kalian semakin semangat belajar, berteman dengan baik, dan menunjukkan akhlak yang mulia. Ingatlah, anak-anak, bahwa menuntut ilmu adalah ibadah. Rasulullah SAW bersabda:
"Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap Muslim." (HR. Ibnu Majah)

Jadi, mari kita awali hari ini dengan niat yang baik, semangat belajar, dan tidak lupa berdoa. Semoga Allah SWT memberikan kita ilmu yang bermanfaat dan hati yang selalu bersyukur.

Selamat mengerjakan ujian, anak-anak hebat! Semoga 
Sumatif tengah semester berjalan lancar dan hasilnya memuaskan. 

Berikut jadwal Sumatif tengah semester


Baikalah ananda sholeh sholehah berikut ini Kisi -Kisi Sumatif Tengah Semester ( STS)

Kisi -Kisi Sumatif Tengah Semester ( STS) :

Pendidikan Pancasila

1. Pancasila: Bunyi, Lambang, dan Nilai Dasar

  • Pengertian Dasar: Siswa memahami Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia yang memiliki lima sila.

  • Bunyi Sila: Siswa mampu menyebutkan dan menuliskan bunyi kelima sila Pancasila (misalnya, Sila Pertama: Ketuhanan Yang Maha Esa, Sila Kedua: Kemanusiaan yang Adil dan Beradab).

  • Lambang Sila: Siswa mampu mengidentifikasi dan menyebutkan lambang dari setiap sila Pancasila (misalnya, Sila Kelima dilambangkan dengan Padi dan Kapas).

  • Nilai Keseharian: Siswa mampu mengidentifikasi sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila di sekolah (misalnya, sikap adil saat membagi tugas kelompok, musyawarah saat menentukan ketua kelas).

2. Hak Siswa di Sekolah

  • Definisi Hak: Siswa memahami bahwa hak adalah segala sesuatu yang harus didapatkan atau diterima oleh siswa.

  • Contoh Hak: Siswa dapat menyebutkan contoh hak-hak mereka di sekolah:

    • Mendapatkan ilmu atau pelajaran dari guru.

    • Menggunakan fasilitas sekolah (seperti bangku, meja, dan toilet) dengan baik.

    • Mendapatkan perlakuan adil dari semua guru dan staf sekolah.

    • Mendapatkan kesempatan untuk berpendapat di kelas.

3. Kewajiban Siswa di Sekolah dan Kelas

  • Definisi Kewajiban: Siswa memahami bahwa kewajiban adalah segala sesuatu yang harus dilakukan atau dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

  • Contoh Kewajiban: Siswa dapat menyebutkan contoh kewajiban mereka di sekolah/kelas:

    • Menaati peraturan sekolah.

    • Menghormati guru dan menyayangi sesama teman.

    • Menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan sekolah dan kelas.

    • Mengikuti kegiatan belajar dan upacara bendera dengan tertib.

    • Mengerjakan tugas atau PR yang diberikan.

4. Hubungan Hak dan Kewajiban serta Konsekuensi

  • Hubungan Timbal Balik: Siswa memahami bahwa kewajiban harus didahulukan sebelum menuntut atau menerima hak (misalnya, wajib menjaga kebersihan buku sebelum berhak meminjamnya).

  • Peraturan dan Sanksi: Siswa memahami bahwa melanggar peraturan (misalnya, datang terlambat atau merusak barang) akan mendapatkan sanksi atau teguran.

  • Dampak Pelanggaran: Siswa mampu menganalisis dampak negatif jika kewajiban diabaikan secara umum (misalnya, jika semua tidak piket, kelas akan kotor dan tidak nyaman).


Berikut ini Contoh Contoh soal pembelajaran Pendidikan Pancasila :
A. Pilihan Ganda

  1. Bunyi sila pertama Pancasila yang menjadi dasar negara kita adalah...

    a. Persatuan Indonesia

    b. Ketuhanan Yang Maha Esa

    c. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

    d. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan

  2. Sikap yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila di sekolah adalah...

    a. Membaca buku saat guru sedang menjelaskan.

    b. Membuang sampah sembarangan di halaman.

    c. Mengerjakan tugas kelompok dengan adil dan bekerja sama.

    d. Mengejek teman yang berbeda suku.

  3. Salah satu hak kamu sebagai siswa di sekolah adalah...

    a. Datang ke sekolah tepat waktu.

    b. Menjaga kebersihan kelas.

    c. Mendapatkan pelajaran dari guru.

    d. Mengerjakan semua tugas dari guru.

  4. Mengikuti upacara bendera dengan tertib dan menghormati bendera merah putih adalah contoh dari...

    a. Hak siswa.

    b. Kewajiban siswa.

    c. Peraturan guru.

    d. Keuntungan siswa.

  5. Jika kamu melanggar peraturan kelas, seperti mencoret-coret meja, kamu akan mendapatkan...

    a. Hak yang lebih banyak.

    b. Pujian dari guru.

    c. Sanksi atau teguran.

    d. Hadiah.

B. Isian Singkat

  1. Lambang sila kelima Pancasila adalah _________________.

  2. Sebelum menuntut hak (misalnya meminjam buku di perpustakaan), kita harus melaksanakan _________________ terlebih dahulu (misalnya menjaga buku pinjaman).

  3. Contoh kewajiban kamu saat berada di dalam kelas adalah _________________ kepada guru saat mengajar.

  4. Pancasila sebagai dasar negara memiliki lima _________________.

  5. Sila keempat Pancasila menekankan tentang pentingnya _________________ dalam mengambil keputusan bersama.

C. Uraian Singkat 

  1. Tuliskan bunyi dari Sila Kedua Pancasila!

  2. Sebutkan dua (2) contoh hak yang kamu dapatkan di sekolah!

  3. Sebutkan dua (2) contoh kewajiban yang harus kamu lakukan di dalam kelas!

  4. Apa yang dimaksud dengan hak?

  5. Apa akibatnya jika semua siswa di kelas tidak mau melaksanakan kewajibannya untuk menjaga kebersihan kelas?

Penutup
"Hari ini adalah langkah pertama menuju masa depanmu. Jangan takut untuk mencoba, jangan ragu untuk bertanya, dan jangan malu untuk belajar. Setiap hal besar dimulai dari keberanian kecil di hari pertama. Ayo semangat! Sekolah bukan hanya tempat belajar, tapi juga tempat bertumbuh dan bermimpi."

Wassalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar