Rabu, 15 Oktober 2025

Kamis, 16 Oktober 2025

          


Hari/Tanggal : Kamis, 16 Oktober 2025

Fase/Kelas : B/ 3 A

Sekolah : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung 

Materi : Sumatif Tengah Semaester (STS)

Mapel : mtk 
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan

STS DAY 5

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Anak-anak yang sholeh dan sholehah,
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga semuanya sehat dan semangat ya!

Hari ini kita sudah mulai 
Sumatif tengah semester hari kelima. semoga kalian semakin semangat belajar, berteman dengan baik, dan menunjukkan akhlak yang mulia. Ingatlah, anak-anak, bahwa menuntut ilmu adalah ibadah. Rasulullah SAW bersabda:
"Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap Muslim." (HR. Ibnu Majah)

Jadi, mari kita awali hari ini dengan niat yang baik, semangat belajar, dan tidak lupa berdoa. Semoga Allah SWT memberikan kita ilmu yang bermanfaat dan hati yang selalu bersyukur.

Selamat mengerjakan ujian, anak-anak hebat! Semoga 
Sumatif tengah semester berjalan lancar dan hasilnya memuaskan. 

Berikut jadwal Sumatif tengah semester




Baikalah ananda sholeh sholehah berikut ini Kisi -Kisi Sumatif Tengah Semester ( STS)

Kisi -Kisi Sumatif Tengah Semester ( STS) :

MTK
Kisi kisi Mtk :

📍 1. Letak pada Garis Bilangan

Siswa akan diajarkan untuk memahami dan menentukan posisi bilangan cacah (terutama ratusan dan ribuan) pada garis bilangan. Konsep utamanya adalah bahwa jarak antar bilangan harus konsisten dan setiap bilangan memiliki posisi unik. Pembelajaran ini menjadi fondasi visual bahwa bilangan yang terletak di kanan selalu lebih besar daripada bilangan yang ada di kirinya. Ini membantu membangun intuisi mereka tentang nilai bilangan.

🧱 2. Nilai Tempat

Ini adalah inti dari pemahaman bilangan besar. Siswa harus mampu menguraikan bilangan tiga dan empat angka (hingga 1.000 atau lebih) ke dalam komponen ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan yang sesuai. Mereka harus dapat mengidentifikasi nilai dari setiap angka berdasarkan letaknya. Misalnya, pada bilangan 3.456, angka 4 memiliki nilai tempat ratusan dan nilainya adalah 400.

⚖️ 3. Perbandingan Bilangan

Siswa akan menerapkan pemahaman nilai tempat untuk membandingkan dua bilangan tiga atau empat angka secara akurat. Perbandingan dilakukan secara sistematis, dimulai dari nilai tempat tertinggi (ribuan). Mereka harus menggunakan dan memahami istilah "lebih dari," "kurang dari," atau "sama dengan," serta simbol matematikanya (>, <, =).

🔄 4. Pengurutan Bilangan

Menggabungkan perbandingan, siswa diminta untuk menyusun sekumpulan bilangan (terdiri dari tiga atau empat angka) dalam urutan yang benar. Pengurutan ini dilakukan dari terkecil ke terbesar (ascending) atau dari terbesar ke terkecil (descending). Tugas ini menguji kemampuan mereka untuk menganalisis nilai tempat dan membandingkan beberapa bilangan sekaligus.

➕➖✖️➗ Materi Pokok II: Operasi Hitung Dasar

Materi ini berfokus pada penguasaan empat operasi aritmatika dasar, sebagian besar melibatkan bilangan hingga ribuan, dengan penekanan pada metode bersusun.

1. Penjumlahan dan Pengurangan

Siswa harus menguasai penjumlahan dan pengurangan bilangan tiga hingga empat angka. Fokus utama adalah pada pelaksanaan operasi dengan teknik menyimpan (penjumlahan) atau dengan teknik meminjam (pengurangan), yang sering disebut regrouping. Semua operasi harus dilakukan menggunakan metode bersusun untuk memastikan ketepatan nilai tempat.

2. Perkalian

Materi perkalian mencakup pemahaman konsep perkalian sebagai penjumlahan berulang. Keterampilan yang harus dikuasai meliputi perkalian bilangan satu angka dengan bilangan dua atau tiga angka. Penekanan diberikan pada penguasaan fakta dasar perkalian (tabel perkalian) dan penggunaan metode perkalian bersusun untuk perhitungan yang melibatkan angka besar.

3. Pembagian

Pembagian diajarkan sebagai kebalikan dari perkalian atau pengurangan berulang hingga habis. Siswa akan belajar membagi bilangan dua atau tiga angka dengan bilangan satu angka. Pembelajaran mencakup kasus pembagian tanpa sisa dan pembagian dengan sisa. Metode yang paling sering digunakan adalah pembagian bersusun (dikenal juga sebagai porogapit), yang merupakan keterampilan penting dalam memecahkan masalah pembagian kompleks.

Semua materi operasi hitung ini harus dihubungkan dengan pemecahan masalah sederhana sehari-hari (soal cerita) agar siswa memahami relevansi matematika dalam kehidupan nyata.

Tentu, ini dia 10 soal latihan matematika untuk kelas 3 SD yang meliputi Pilihan Ganda, Isian Singkat, dan Uraian Singkat, tanpa keterangan materi.

Soal Latihan Matematika 

I. Pilihan Ganda 

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat!

  1. Berapakah nilai tempat dari angka 6 pada bilangan 6.248?

    A. Satuan

    B. Puluhan

    C. Ratusan

    D. Ribuan

  2. Simbol perbandingan yang tepat untuk mengisi titik-titik pada perbandingan 4.375…4.357 adalah...

    A. <

    B. >

    C. =

    D. =

  3. Hasil dari operasi hitung pengurangan 5.123−2.890 adalah...

    A. 2.133

    B. 2.233

    C. 3.233

    D. 7.013

  4. Sebuah toko membeli 5 dus pensil. Setiap dus berisi 120 batang pensil. Berapa total batang pensil yang dibeli toko tersebut?

    A. 500

    B. 550

    C. 600

    D. 650

II. Isian Singkat

Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!

  1. Bilangan yang terletak tepat di sebelah kanan bilangan pada garis bilangan adalah .

  2. Hasil dari operasi hitung penjumlahan bersusun adalah .

  3. Urutkan bilangan berikut dari yang terbesar ke yang terkecil: 1.705,1.570,1.057.

    Jawaban: 1.705,1.570,1.057

III. Uraian Singkat

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas disertai langkah pengerjaan!

  1. Ibu memiliki 65 buah jeruk yang akan dibagikan secara merata kepada 8 orang tetangga. Berapa buah jeruk yang diterima setiap tetangga dan berapa sisanya? Tunjukkan perhitunganmu.

    Jawaban: Setiap tetangga menerima 8 buah jeruk, dengan sisa 1 buah jeruk. (Perhitungan: 65÷8=8 sisa 1)

  2. Perhatikan bilangan 3.450, 3.540, dan 3.405. Tuliskan nilai tempat angka 5 pada setiap bilangan tersebut, kemudian urutkan ketiga bilangan itu dari yang terkecil!

    Jawaban:

    • Nilai tempat angka pada : Puluhan

    • Nilai tempat angka pada : Ratusan

    • Nilai tempat angka pada : Satuan

    • Urutan Terkecil:

  3. Kakek memberi Ana uang Rp5.000,00. Ana membeli 2 buah roti seharga Rp1.500,00 per buah. Berapa sisa uang Ana sekarang? Jelaskan langkah-langkahnya.

    Jawaban: Sisa uang Ana adalah Rp2.000,00. (Langkah: Total harga roti 2×Rp1.500,00=Rp3.000,00. Sisa uang Rp5.000,00−Rp3.000,00=Rp2.000,00



Penutup

"Hari ini adalah langkah pertama menuju masa depanmu. Jangan takut untuk mencoba, jangan ragu untuk bertanya, dan jangan malu untuk belajar. Setiap hal besar dimulai dari keberanian kecil di hari pertama. Ayo semangat! Sekolah bukan hanya tempat belajar, tapi juga tempat bertumbuh dan bermimpi."

Wassalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar